Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sekolah Terbaik di Sumatera Barat dan Profilnya

Kompas.com - 10/11/2022, 08:30 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah sekolah di Indonesia masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 tertinggi versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dari daftar yang dikeluarkan pada Jumat (26/8/2022), beberapa sekolah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menyabet sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK 2022.

Tiga sekolah terbaik di Sumbar yakni MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, SMAN 1 Sumatera Barat, dan SMAN 1 Padang.

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman memperoleh nilai UTBK 594.622, SMAN 1 Sumatera Barat dengan skor UTBK 589.803, dan SMAN 1 Padang menggapai nilai UTBK 584.853.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

Untuk mengetahui tentang ketiga sekolah tersebut, berikut profil singkatnya berdasarkan rangkuman Kompas.com.

Profil singkat 3 sekolah terbaik di Provinsi Sumbar

1. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman berlokasi di jalan Pendidikan, Kenagarian Sintuk Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman Sumatera Barat. Sekolah ini dipimpin oleh Hendrisakti Hoktovianus, S. Pd., M. Pd., dengan jumlah siswa sebanyak 512 orang.

Pengembangan kurikulum dan pembelajaran mengacu kepada standar mutu sesuai standar nasional pendidikan dan berbasis keunggulan lokal.

MAN Insan Cendekia juga dikelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikannya memenuhi kualifikasi yang disyaratkan.

Baca juga: Perkuat Literasi Siswa, FeLSI 2022 Resmi Dibuka dan Diikuti Lebih dari 4.000 Siswa

Dengan mengusung format pendidikan sekolah berasrama (boarding school), sekolah ini menekankan pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) diselaraskan dengan pengembangan Iman dan Takwa (IMTAK).

Sekolah ini juga mewajibkan peserta didik berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab, khususnya di lingkungan madrasah

Dengan berbagai upaya tersebut, tidak heran jika sekolah ini berhasil mendulang berbagai prestasi di tingkat nasional dan internasional.

2. SMAN 1 Sumatera Barat

SMAN 1 Sumatera Barat terletak di jalan Syekh Ibrahim Musa, Sigando, Kecamatan Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Sekolah ini dinakhodai oleh Surya Netti, S.Pd.

Baca juga: Luluskan 3.249 Wisudawan, Rektor Unpad Sampaikan Pesan Ini

Berdasarkan laman SMAN 1 Sumatera Barat, sekolah ini memiliki visi “Unggul dalam IMTAQ dan IPTEK serta Berwawasan Lingkungan.”

Guna mencapai visi tersebut, SMAN 1 Sumatera Barat membuat beberapa program unggulan yakni sukses UTBK untuk mempersiapkan siswa dalam ujian UTBK, Tahfidz Quran, Pembinaan olimpiade sains untuk setiap mata pelajaran, pembinaan karya tulis ilmiah, pembinaan TOELF, dan bimbingan kelompok berkarakter.

Sekolah ini juga menggunakan metode pembelajaran berbasis Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM), juga mengintegrasikan pendidikan karakter kesemua mata pelajaran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com