Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

64.250 Calon Mahasiswa Bersaing di Jalur Mandiri UI 2020

Kompas.com - 06/08/2020, 10:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 64.250 calon mahasiswa mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) secara daring untuk program pendidikan vokasi dan sarjana, Rabu (5/8/2020).

Tak hanya calon mahasiswa di Indonesia saja, ujian Simak UI pada Rabu kemarin juga diikuti peserta dari sejumlah negara seperti Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand.

Sebelumnya, ujian Simak UI S1 Kelas Internasional pada pada Minggu (19/7/2020) dan S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 dan Pascasarjana pada Minggu (26/7) juga dilakukan secara daring.

Di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, UI mengupayakan pelaksanaan ujian seleksi masuk dilakukan secara daring agar seluruh peserta di berbagai wilayah berkesempatan mengikuti seleksi, tanpa harus datang ke lokasi ujian.

Baca juga: Pendaftaran Jalur Mandiri IPB Dibuka, Tanpa Syarat Nilai UTBK

Merangkum laman UI, Daya tampung yang tersedia pada Simak UI Gelombang 2 tahun 2020 kali ini sebanyak 2.744 kursi untuk S1 Reguler, 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3.

Hasil ujian SIMAK UI 2020 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 22 Agustus 2020 secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id.

Tahun ini, Simak UI membuka pendaftaran untuk 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana Reguler, 35 program studi Sarjana Paralel, dan 16 program studi Sarjana Kelas Internasional.

Calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana Simak UI diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Materi seleksi SIMAK UI pada Vokasi dan Sarjana adalah Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com