Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023: Rehan/Lisa ke Final, Satu Langkah Lagi untuk Sabet Emas

Kompas.com - 15/05/2023, 14:07 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, melangkah ke final nomor perseorangan SEA Games 2023.

Unggulan utama ini menaklukkan pasangan Thailand, Ratchapol Makkasasithorn/Chasinee Korepap.

Rehan/Lisa harus melakoni laga sulit dalam semifinal ini. Mereka membutuhkan waktu 59 menit untuk menang rubber game 19-21, 21-18, 21-19 dalam duel di Lapangan 2 Morodok Techo Badminton Hall, Kamboja, Senin (15/5/2023) siang WIB.

Dengan demikian, Rehan/Lisa hanya perlu satu langkah lagi untuk menyabet emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Baca juga: Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023: 9 Wakil ke Semifinal, Asa All-Indonesian Finals Terjaga

Dalam partai puncak pada Selasa (16/5), Rehan/Lisa bertemu pemenang duel Roy King Yap/Cheng Su Yin (Malaysia) vs Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong (Thailand).

Jalannya laga

Rehan/Lisa terus berada di dalam tekanan sepanjang gim pertama. Ini membuat pasangan ranking 10 dunia tersebut tak pernah memimpin dalam pengumpulan poin.

Justru Ratchapol/Chasinee memegang kendali permainan sehingga pasangan peringkat 56 BWF tersebut bisa mengunci kemenangan dengan skor 21-19 pada gim ini.

Rehan/Lisa hanya bisa menyamakan skor dalam kedudukan 1-1, 4-4 dan 6-6.

Setelah itu, Ratchapol/Chasinee tak pernah tersentuh lagi meski Rehan/Lisa sempat memperkecil ketinggalan 19-20.

Mirip gim pembuka, Rehan/Lisa pun berada dalam tekanan yang hebat pada awal kedua. Ini membuat mereka tertinggal 2-7.

Baca juga: Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023: Fikri/Bagas ke Semifinal, Bekuk Lawan dalam 29 Menit

Namun Rehan/Lisa secara perlahan bangkit dan berhasil meraih enam angka secara beruntun sehingga membalikkan keadaan. Rehan/Lisa unggul 8-7.

Setelah itu, duel berlangsung ketat. Rehan/Lisa mampu unggul 14-11 tetapi Ratchapol/Chasinee meresponsnya dengan sangat baik karena mendulang lima poin sehingga berbalik memimpin 16-14.

Rehan/Lisa tak membiarkan lawan terus melaju. Mereka bisa menahannya dan poin sempat imbang dalam kedudukan 16-16, 17-17, sebelum Rehan/Lisa menyudahi gim kedua dengan kemenangan 21-18 sekaligus memaksa rubber game.

Gim penentuan berlangsung ketat sejak awal. Rehan/Lisa kerap berada di depan tetapi menjelang interval, Ratchapol/Chasinee bisa menyalipnya.

Laju Rehan/Lisa yang unggul 9-7 tertahan. Pasangan Thailand tersebut meraup empat poin sehingga memimpin 11-9 saat jeda gim ketiga ini.

Baca juga: Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023: Christian Ikut Jejak Chico, Peluang All-Indonesian Final Terjaga

Ratchapol/Chasinee tampaknya akan memenangkan laga tersebut lantaran mereka sudah sempat unggul cukup jauh dengan skor 15-11, kemudian 16-13.

Tetapi Rehan/Lisa mampu bangkit dan berbalik unggul 17-16 setelah mendulang empat poin beruntun.

Bahkan, Rehan/Lisa lebih dulu mencapai match point 20-17. Ratchapol/Chasinee sempat menambah dua angka sebelum Rehan/Lisa menyudahinya dengan kemenangan 21-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com