Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampilan Bernuansa Hitam dari Sejumlah Menteri Saat "Nyoblos"...

Kompas.com - 14/02/2024, 19:45 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sederet Menteri di Kabinet Indonesia Maju tampak mengenakan pakaian bernuansa hitam saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (14/2/2024).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kompak mengenakan atasan hitam polos saat mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

Ada pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dengan setelan batik berwarna dasar hitam.

Diketahui, nama-nama menteri tersebut sebelumnya sempat diisukan akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Menteri dari PDI-P Diisukan Akan Mundur, Berikut Daftar Menteri Jokowi dan Asal Partainya

Sejumlah menteri kompak bernuansa hitam

Diberitakan Antara, Menkeu melakukan pencoblosan di TPS 73 Bintaro, Tangerang Selatan ditemani suaminya, Tonny Sumartono.

Dengan pakaian berlengan panjang warna hitam, dia hadir tepat pukul 09.00 WIB dan kembali ke kediamannya sekitar setengah jam kemudian.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersiap memasukkan surat suara ke kotak suara saat memilih di TPS 156 di Kompleks Pesona Khayangan Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).(ANTARA/Nabil Ihsan) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersiap memasukkan surat suara ke kotak suara saat memilih di TPS 156 di Kompleks Pesona Khayangan Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).
"Ini pemilu, demokrasi, masyarakat memilih, pilih sesuai dengan keinginan hati dan pikiran, keyakinan masing-masing. Kita hormati pilihan masing-masing," kata Sri Mulyani.

Di TPS 156 di Kompleks Pesona Khayangan Depok, Jawa Barat, Menlu Retno yang datang bersama sang suami, Agus Marsudi, juga tampil berpakaian hitam polos dengan bagian kerah berwarna putih.

Retno pun menyempatkan diri menyampaikan harapan untuk pemimpin baru yang akan terpilih hasil dari Pemilu 2024.

Dia berharap, siapa pun yang menjadi menteri luar negeri selanjutnya dapat mempertahankan prinsip diplomasi Indonesia, seperti bebas dan aktif serta semangat Deklarasi Bandung yang membawa Indonesia dihormati di kancah dunia.

"Karena dengan prinsip-prinsip itu, kita mampu memerankan peran sebagai bridge builder (pembangun jembatan), terutama buktinya pada saat kita menjabat di Presidensi G20 dan menjadi Ketua ASEAN," ucap Retno, dilansir dari Antara.

Baca juga: Dua Sisi Jokowi, Tekankan Netralitas Pemerintah dan Aparat, tapi Nyatakan Presiden-Menteri Boleh Memihak

Menteri Sosial Tri Rismaharini bercengkerama bersama salah seorang warga, sesaat sebelum meninggalkan TPS 30 di Balai RW 6, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, usai menyuarakan hak pilihnya di Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).ANTARA/Ananto Pradana Menteri Sosial Tri Rismaharini bercengkerama bersama salah seorang warga, sesaat sebelum meninggalkan TPS 30 di Balai RW 6, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, usai menyuarakan hak pilihnya di Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).
Di sisi lain, Mensos Risma menyalurkan hak pilihnya di TPS 30, di Balai RW 6, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur.

Risma tampil memakai setelan batik berwarna dasar hitam dengan corak coklat. Kerudung bernuansa senada terlihat melengkapi penampilan Mensos pada Rabu pagi.

Dia tiba di lokasi pada pukul 07.15 WIB bersama suami dan anak bungsunya, diiringi cuaca yang saat itu terpantau mendung.

Risma pun mengajak anak-anak muda, khususnya pemilih pemula urun ambil bagian pada agenda politik lima tahunan.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com