Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Negara Tawarkan Jadi Tuan Rumah Timnas Palestina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.com - 05/11/2023, 15:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa negara menawarkan bantuan kepada Federasi Sepak Bola Palestina untuk menjadi kandang dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim nasional (timnas) Palestina dijadwalkan menggelar laga kandang pertama melawan Australia pada 21 November 2023.

Namun, serangan Israel yang terus-menerus digencarkan Israel ke Gaza, Palestina, membuat negara ini kesulitan untuk menyelenggarakan pertandingan.

Sejumlah negara pun mengulurkan bantuan untuk menjadi tuan rumah pertandingan Palestina vs Australia.

Lantas, mana saja negara yang menawarkan bantuan tersebut?

Baca juga: Sederet Slogan dan Simbol Dukungan untuk Palestina


1. Aljazair

Aljazair melalui federasi sepak bolanya menawarkan diri menjadi tuan rumah timnas Palestina selama kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (17/10/2023), negara di kawasan Afrika Utara ini bahkan ingin menanggung semua biaya sebagai bentuk solidaritas akibat konflik yang terus berlanjut di Gaza.

Aljazair telah lama memiliki kedekatan dengan Palestina. Para pemain timnas negara ini juga penggemarnya pun berulang kali menunjukkan aksi solidaritas terhadap perjuangan Palestina.

Kendati demikian, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menentang tawaran tersebut karena tidak ingin pertandingan digelar di luar benua Asia.

Menurut mereka, laga kualifikasi Piala Dunia yang diikuti timnas Palestina harus diselenggarakan di wilayah geografisnya, yakni Asia, sesuai dengan ketentuan.

2. Malaysia

Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Adam Adli menyampaikan, pihaknya siap menjadi tuan rumah pertandingan antara Palestina vs Australia pada laga Grup I kualifikasi Piala Dunia 2026.

Diberitakan Malay Mail, Kamis (19/10/2023), Kementerian Pemuda dan Olahraga mengajukan tawaran agar timnas Palestina bermain di Stadion Sepak Bola Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kami telah menghubungi Kedutaan Besar Palestina malam ini dan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah pertandingan antara Palestina dan Australia di Stadion Kuala Lumpur," terangnya.

Baca juga: Dikaitkan dengan Semangka, Apa Makna Warna Bendera Palestina?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com