Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mencegah Ular Bersembunyi di Halaman

Kompas.com - 09/07/2023, 20:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ular bisa bersembunyi di berbagai tempat di rumah, seperti loteng, bawah tempat tidur, garasi, termasuk kamar mandi.

Tak hanya itu, hewan melata itu juga bisa bersembunyi di halaman rumah, lokasi yang biasanya dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

Dilansir dari Family Handy Man, ular dapat memanfaatkan pot atau wadah tanaman berukuran besar di halaman untuk bersembunyi di dalamnya.

Karena ular termasuk hewan yang berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan, reptil ini perlu dicegah agar tidak bersembunyi di halaman.

Baca juga: Tanda Ular Masuk Rumah, Penyebab, dan Cara Mencegahnya...

Lantas, bagaimana cara mencegah ular bersembunyi di halaman?

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dihindari agar Tidak Digigit Ular yang Masuk Rumah, Apa Saja?

1. Buang genangan air

Keberadaan genangan air di halaman, baik di tanah atau kolam, ternyata bisa mengundang ular datang ke halaman dan membuat reptil ini merasa betah.

Oleh sebab itu, genangan air dan lokasi lainnya yang cenderung basah atau lembap perlu diperhatikan supaya ular tidak mampir ke rumah.

Lokasi lain yang sebaiknya diperhatikan adalah tempat bermain anak, ban bekas yang digunakan sebagai ayuanan, atau selang air yang bocor.

"Benda-benda seperti tong hujan, kolam hias, atau sumber air lainnya memberikan alasan bagi ular untuk datang ke rumah," ujar Tim Sherrer, pengendali hama asal Expest Exterminating, dikutip dari Best Life.

Baca juga: 6 Aroma dari Bahan Rumahan yang Tidak Disukai Ular, Apa Saja?

2. Perhatikan makanan hewan peliharaan

Anak bulu alias anabul seperti anjing maupun kucing terkadang diberi makan di wadah khusus ketika mereka bermain di halaman.

Namun, hati-hati ketika menaruh makanan hewan peliharaan di halaman lantaran hal ini bisa mengundang hewan lain untuk datang, seperti serangga atau tikus, yang merupakan mangsa ular.

"Beri makan hewan peliharaan di dalam. Memberi mereka makan di luar dapat menarik serangga dan hewan pengerat, yang akan menarik perhatian ular," kata Williams dari jasa pengendali hama, Orkin.

"Jika Anda benar-benar harus memberi mereka makan di luar ruangan, pastikan untuk segera membersihkan makanan yang tidak termakan," sambungnya.

Selain memperhatikan lokasi memberi makan anabul, penghuni rumah sebaiknya menyimpan makanan hewan peliharaannya di lokasi yang aman.

Dengan begitu, makanan hewan peliharaan tidak dimakan tikus yang bisa menarik perhatian ular untuk datang ke rumah.

Baca juga: Beredar Video Rusa Makan Ular, Bisakah Hewan Herbivora Konsumsi Daging?

Ilustrasi halaman rumah dengan pergola. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi halaman rumah dengan pergola.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com