Kompas.com - 30/03/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah diumumkan pada sore hari kemarin, Selasa (29/3/2022).

Dari total pendaftar SNMPTN 2022, dipastikan hanya 20 persen yang dinyatakan lolos.

Artinya, banyak calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos dalam SNMPTN 2022.

Kendati demikian, Prof Jamal Wiwoho selaku Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia (MRPTNI) mengatakan, calon mahasiswa yang gagal di SNMPTN 2022 masih memiliki kesempatan untuk mendaftar ke kampus impian.

Mereka bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 dan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

Selain itu, calon mahasiswa juga tidak hanya bisa mengincar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja, karena banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia dengan kualitas tak kalah baiknya yang bisa menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa.

Baca juga: Ranking PTN dan PTS Terbaik, Apa Kriteria yang Digunakan Webometrics?

PTS di Indonesia

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) selama 2021, dari 3.115 perguruan tinggi di Indonesia sebagian besarnya adalah PTS.

Sebanyak 3.115 perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), 2.990 di antaranya merupakan PTS. Sementara sisanya, 125 adalah PTN.

Artinya, jumlah PTS di Indonesia lebih tinggi dari jumlah PTN di Indonesia. Sehingga pilihan kampus PTS ini juga beragam.

Banyaknya jumlah PTS ini memberikan peluang yang besar bagi calon mahasiswa untuk mendaftar di kampus-kampus tersebut.

Baca juga: Kemendikbud: KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS, Kuliah Gratis sampai Lulus

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.