Kompas.com - 11/01/2022, 06:00 WIB
Menko Luhut saat memberikan paparan kondisi Covid-19 di Indonesia, Senin (10/1/2022). screenshootMenko Luhut saat memberikan paparan kondisi Covid-19 di Indonesia, Senin (10/1/2022).

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia mengalami peningkatan kasus aktif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir. 

Peningkatan ini menurut Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP PEN) disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Di Indonesia hari ini seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa tren peningkatan kasus Covid-19 disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri," kata Luhut dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Kabinet, Senin (10/1/2022).

"Kasus konfirmasi PPLN inilah yang mendominasi proporsi kasus harian di Indonesia hingga menyebabkan kenaikan kasus aktif," tambahnya.

Di Jakarta, misalnya, 294 dari 393 kasus yang dilaporkan pada 9 Januari 2022 berasal dari para pelaku perjalanan luar negeri.

Baca juga: Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Nasional Siswa Baru MAN 2022, Ini Link dan Kuotanya

Pengetatan pintu masuk luar negeri

Selain itu, Luhut juga menyebutkan, PPLN ini juga berdampak pada peningkatan perawatan pasien di Jawa-Bali.

"Dari penjelasan di atas, rasanya tidak salah pemerintah memberikan perhatian khusus sejak awal Natal dan tahun baru kemarin kepada para pelaku perjalanan ini," jelas dia.

Karena itu menurut Luhut, langkah pengetatan pintu masuk pendatang dair luar negeri akan terus dipertahankan guna mencegah masuknya varian Omicron yang bisa menyebar luas ke masyarakat.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.