Kompas.com - 10/01/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 18 tahun yang lalu, tepatnya 10 Januari 2004, sebuah bom meledak di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Peristiwa ini terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.15 Wita, di sebuah kafe yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kafe Sampoddo Indah namanya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tabrakan Dua Kereta Api di Pakistan, 300 Orang Tewas

Kronologi

Berdasarkan arsip Harian Kompas, (12/1/2004), ledakan terjadi saat kafe dipadati oleh pengunjung, karena peristiwa terjadi pada Sabtu malam bertepatan dengan momentum malam minggu.

Sehingga banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di luar rumah.

Tidak seperti yang dibayangkan, ledakan bom yang biasanya diikuti ketakutan masyarakat sekitar kejadian ternyata tidak terjadi di sana.

Komandan Kodim 1403 Palopo saat itu, Letkol (art) Wardoyo menyebut warga di sekitar lokasi kejadian tidak terlalu panik mendengar suara bom yang meledak.

Pasalnya, mayoritas mereka adalah nelayan yang sudah terbiasa mendengar suara serupa saat meledakkan bom untuk mencari ikan.

Meski demikian, mereka kaget saat mendengar adanya korban jiwa akibat ledakan yang terjadi.

Warga pun banyak yang mendatangi lokasi kejadian untuk melihat secara langsung lokasi ledakan bom.

"Jadi, mereka biasa-biasa saja, kecuali mendatangi lokasi kejadian, karena ingin melihat lokasi tersebut," kata Wardoyo.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.