Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Ampuh Usir Kecoak dari Rumah Tanpa Racun Serangga

Kompas.com - 10/07/2021, 18:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Munculnya kecoak di dalam rumah memang sangat mengganggu. Tidak hanya membuat orang jijik, hewan hama yang satu ini juga sering dikaitkan dengan sesuatu yang kotor dan jorok.

Kecoak yang masuk ke dalam rumah selain membuat tidak nyaman, juga bisa menyebarkan bau tidak nyaman hingga menimbulkan penyakit. Karena itu jangan biarkan rumah menjadi sarang kecoak.

Untuk mengatasinya, yang paling mudah adalah menggunakan semprotan serangga atau racun serangga. Dengan cara ini kecoak bisa langsung mati.

Baca juga: Tips Jitu Mengatasi Kecoak Terbang

Namun, cara ini efektif hanya untuk membunuh satu kecoak, namun kecoak lain yang bersembunyi, belum tentu pergi.

Selain itu cairan kimia dari semprotan serangga bisa berbahaya bagi hewan peliharaan. Tidak hanya itu penggunaan semprotan serangga di dalam rumah juga berisiko bagi keluarga yang masih memiliki anak-anak kecil.

Namun tidak perlu khawatir, Untuk mengusir kecoak tidak melulu dengan racun serangga. Dikutip Kompas.com dari laman Pulse, berikut adalah sepuluh cara mengusir kecoak secara alami dari rumah tanpa menggunakan racun serangga.

1. Minyak atsiri atau essential oil

Kecoak membenci aroma seperti peppermint, lavender, eucalyptus, dan minyak greentea. Pasalnya, deretan aroma ini mengganggu dan menutupi jejak aroma yang digunakan kecoak untuk berburu makanan.

Kecoak bahkan bisa mati jika terkena konsentrasi minyak atsiri yang lebih tinggi, khususnya minyak peppermint.

Agar kecoak kapok datang lagi ke rumah, letakkan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas, dan sekalah tempat-tempat di mana kecoak biasanya bersembunyi atau jalan masuk ke rumah rumah.

Selain itu, kamu juga bisa membuat semprotan dengan mencampur 15 tetes minyak peppermint dan 300 ml air dalam botol semprot. Cara ini bisa lebih praktis karena ccukup semprotkan cairan minyak peppermint di daerah yang gelap dan lembab.

2. Tanah diatom

Ini adalah zat tidak beracun yang dapat digunakan untuk membunuh dan mengusir kecoak secara alami. Selain kecoak, tanah diatom bisa juga digunakan untuk mengusir kutu dan tungau.

Ketika kecoak kontak dengan zat ini dengan memakannya, tubuhnya akan mengering dan mati.

Agar lebih efektif, campur tanah diatom dengan gula untuk menarik kecoak. Taburkan secukupnya di sekitar pintu masuk rumah atau di mana saja tempat kecoak biasa bersembunyi. Pastikan kamu menggunakan kembali obat ini setiap hari.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Ular yang Masuk Rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com