CDC Izinkan Warga AS yang Sudah Dapat Vaksin Penuh Lepas Masker, Apa Tantangannya?

Kompas.com - 28/05/2021, 11:55 WIB
Ilustrasi: seroang perempuan mengenakan masker di Manhattan, New York, AS. Shutterstock/Ivan MarcIlustrasi: seroang perempuan mengenakan masker di Manhattan, New York, AS.

KOMPAS.com – Pada pertengahan Mei lalu, tepatnya 13 Mei 2021, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengubah panduan penggunaan masker.

Kini, CDC mengizinkan mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap untuk tidak memakai masker jika berada di keramaian di luar ruangan.

“Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi Amerika. Jika Anda sudah divaksinasi penuh, Anda tidak perlu lagi memakai masker,” kata Presiden AS Joe Biden, seperti dikutip dari AP News

Pernyataan itu disampaikan Biden saat menyampaikan pidato di Rose Garden. Ia dan para stafnya terlihat tak mengenakan masker. 

“Dapatkan vaksinasi atau kenakan masker sampai Anda melakukan vaksin,” ujar Biden.

Baca juga: Kombinasi Masker Ganda Rekomendasi CDC, Mengurangi Resiko Penularan

Meski demikian, panduan CDC  tetap menyerukan penggunaan masker di tempat yang ramai seperti di bus, pesawat, rumah sakit, penjara, dan tempat penampungan tunawisma.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski tidak dirinci secara spesifik, namun peraturan itu membuka celah bagi mereka yang akan ke tempat kerja dan sekolah tanpa mengenakan masker, bahkan menghilangkan kebutuhan menjaga jarak sosial bagi mereka yang telah divaksinasi penuh.

“Siapa pun yang telah divaksinasi penuh dapat berpartisipasi dalam kegiatan di dalam dan luar ruangan, besar atau kecil tanpa memakai masker atau menjaga jarak fisik. Jika Anda sudah divaksinasi penuh Anda dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya Anda hentikan karena pandemi,” kata Rochelle Walensky, Direktur CDC dalam briefing dengan Gedung Putih.

Apa tantangannya?

Mengutip dari CNN, adanya peraturan baru dari CDC ini dinilai berisiko karena memunculkan rasa skeptis terhadap masker dan vaksin, serta pengabaian pada berbagai tindakan pencegahan yang sebelumnya diterapkan.

Hal ini juga dianggap akan berdampak dan berisiko terhadap mereka yang belum divaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.