Mengapa Gempa M 5.9 Blitar Bersifat Merusak? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 23/05/2021, 20:50 WIB
Teras rumah nenek Musrifah di Desa Tegalrejo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar roboh akibat gempa berkekuatan 5,9 SR yang berpusat di selatan Kabupaten Blitar, Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 19.09 WIB Dok. Desa TegalrejoTeras rumah nenek Musrifah di Desa Tegalrejo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar roboh akibat gempa berkekuatan 5,9 SR yang berpusat di selatan Kabupaten Blitar, Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 19.09 WIB

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 yang mengguncang wilayah Jawa Timur dan sekitarnya pada Jumat (21/5/2021) malam mengakibatkan kerusakan bangunan di beberapa titik.

Hiposenter gempa berpusat di kedalaman 110 km bawah laut di 57 km arah tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Melihat kedalaman lokasi gempa, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa itu masuk dalam kategori gempa sedang, bukan dangkal, bukan pula dalam.

Baca juga: Gempa Blitar Akibatkan Overscale pada Seismogram, Ini Penjelasan BMKG

Meski demikian, ada korban luka dan kerusakan bangunan akibat gempa ini.

Berdasarkan keterangan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, per Sabtu (22/5/2021) pukul 10.00 WIB, terdapat 2 korban luka berat dan ringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerusakan bangunan yang sudah terdata adalah 4 unit rumah alami rusak berat, 8 rusak sedang, dan 142 bangunan mengalami rusak ringan.

Sebanyak 17 fasilitas umum juga dilaporkan mengalami kerusakan, 16 rusak ringan dan 1 rusak sedang.

Dampak gempa berupa kerusakan bangunan ini tersebar di berbagai daerah, mulai dari Kabupaten Malang, Blitar, Lumajang, Pasuruan, Jember, Kota Malang, dan Kota Blitar.

Mengapa gempa yang terjadi di kedalaman sedang ini menimbulkan kerusakan?

Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, hal itu karena gempa yang berjenis Intra Slub.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X