Gempa Blitar Akibatkan "Overscale" pada Seismogram, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 23/05/2021, 09:50 WIB
Tangkapan layar seismogram dari stasiun BMKG Semarang yang mengalami overscale saat terjadi gempa di Blitar pada Jumat (21/5/2021). Twitter: @infomitigasiTangkapan layar seismogram dari stasiun BMKG Semarang yang mengalami overscale saat terjadi gempa di Blitar pada Jumat (21/5/2021).

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.9 mengguncang Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Jumat (21/5/2021) pukul 19.09 WIB.

Saat gempa terjadi, getaran dicatat oleh seismograf atau seismometer.

Seismograf merupakan alat atau sensor getaran, yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah.

Adapun hasil rekaman dari seismograf disebut seismogram.

Namun, saat gempa Blitar terjadi, muncul laporan bahwa seismogram milik pemerintah disebut mengalami overscale.

Baca juga: Update Kerusakan Gempa Blitar Magnitudo 5,9 dan Analisis Penyebabnya...

Hal ini diinformasikan oleh akun Twitter @infomitigasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam twit itu disebutkan ada laporan overscale pada seismogram yang terletak di Jajag, Banyuwangi; Semarang, dan Wanagama, Yogyakarta. 

Benarkah demikian dan apa penyebab "overscale" pada seismogram?

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, penyebab overscale yang terjadi pada 3 seismogram dari gempa Blitar yakni kekuatan gempa yang cukup kuat.

"Penyebab overscale ini dapat terjadi karena gempanya cukup kuat pada saat itu," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/5/2021).

Berdasarkan keterangan BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 110 kilometer dengan koordinat 8,63 LS, 112,34 BT atau terletak sejauh 57 kilometer arah tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.