Viral, Kisah Mantan Komandan KRI Nanggala-402, Ini Cerita Keluarga

Kompas.com - 30/04/2021, 19:02 WIB
Kapal Selam TNI Angkatan Laut KRI Nanggala-402 berlayar di perairan Tuban, Jawa Timur, Indonesia, seperti terlihat pada foto udara yang diambil dari helikopter TNI AL Skuadron 400 Udara, pada foto Senin, 6 Oktober 2014 ini. APKapal Selam TNI Angkatan Laut KRI Nanggala-402 berlayar di perairan Tuban, Jawa Timur, Indonesia, seperti terlihat pada foto udara yang diambil dari helikopter TNI AL Skuadron 400 Udara, pada foto Senin, 6 Oktober 2014 ini.

KOMPAS.com - Peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402 pekan lalu, menjadi duka bagi bangsa Indonesia.

Tak terkecuali bagi mereka yang pernah menjadi bagian dari awak KRI Nanggala-402.

Di media sosial Twitter, 29 April 2021, viral unggahan yang membagikan kisah mantan Komandan KRI Nanggala-402, Kolonel Iwa Kartika.

Iwa pernah menjadi Komandan Satuan Kapal Selam pada 2016-2019.

Baca juga: [HOAKS] Ditemukan Ranjau China di Sekitar Lokasi Tenggelamnya KRI Nanggala-402

Seorang teman semasa SMA, Iwa, berbagi cerita pilu soal kondisi Iwa yang terbaring sakit saat ini. Ia membagikan kisah itu melalui akun Twitter-nya, @aewin86.

"Komandan KRI Nanggala 402 sebelumnya, sekarang sedang terbaring lemas, karena Paru2nya keracunan metal/mercuri, ketika baterai mati, oksigen kurang dan yabg terhisap karbon. Terhirup bertahun-tahun kala dinas. Berat badannya 40 Kg. Beliau temen sekelas saya.
Mohon doanya," tulis dia dalam unggahannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga Jumat (29/4/2021) sore, twit itu telah di-retweet 1.043 kali dan disukai 3.342 kali.

Kepada Kompas.com, pengunggah twit itu, Ewing, menyatakan bahwa Kolonel Iwa Kartika adalah rekan dan teman sekelasnya sewaktu menempuh pendidikan di SMA N 1 Tasikmalaya.

Ketika diadakan reuni untuk pertama kalinya, Ewing terkejut melihat perawakan Iwa yang saat itu menjadi komandan kapal selam.

"Saat reuni pertama Juni 2009, perawakannya itu sudah kurus, beda dengan profil perwira lah ya yang tegap, kalau Kang Iwa kurus," ujar Ewing saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: KRI Nanggala-402 On Eternal Patrol, Selamat Jalan Para Patriot...

Bagaimana kisah dan kondisi Iwa saat ini?

Iwa merupakan adik dari mantan Kapolda Jawa Barat, Anton Charliyan. Saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (30/4/2021), Anton membenarkan kabar tentang adiknya itu.

Ia mengatakan, Iwa kini terbaring sakit setelah diketahui keracunan metal saat bertugas di satuan kapal selam. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.