Kompas.com - 28/03/2021, 17:30 WIB
Mengecek aroma kulkas Shutterstock/Pixel ShotMengecek aroma kulkas

KOMPAS.com - Ketika membuka kulkas, yang dibayangkan di kepala adalah aroma buah-buahan segar yang akan menyeruak keluar. Atau, harum wangi kudapan yang disimpan semalaman di dalam kulkas.

Namun kenyataan seringnya berbanding terbalik dengan angan-angan. Bukan wangi buah yang terendus, tapi bau menyengat yang kurang enak yang berjejalan keluar dari pintu kulkas.

Bau menyengat ini bisa berasal dari banyak hal. Bisa sayuran yang mulai membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap, atau bakteri yang sudah menempel di sana sini akibat pola pembersihan kulkas yang kurang tepat.

Berbagai penyebab bau tak sedap kulkas

Bau tak sedap bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Sisa sayuran lama

Sayuran lama memang sudah dibuang, tapi aromanya akan terus menempel selama Anda belum membersihkan keranjang atau rak sayur yang ada.

Cairan dari sayuran, bisa jadi masih menggenang atau menempel di situ dan menjadi sumber aroma tak sedap.

Jadi agar kulkas tak berbau busuk, bersihkan rak sayuran dengan sabun hingga bersih. Masukkan kembali ke kulkas dalam kondisi kering.

Bersihkan pula bagian bawah dari rak. Terkadang, cairan dari sayur yang membusuk keluar dari rak dan mengotori bagian-bagian lain.

Gunakan air panas dan sabun untuk membersihkan semua bagian kulkas yang terkena sisa sayuran lama.

Baca juga: Ini Barang-Barang yang Perlu Kamu Singkirkan dari Kulkas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X