Kompas.com - 27/03/2021, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Gunung berapi Islandia, Fagradalsfjall, meletus sejak 19 Maret 2021 dan menjadi tontonan yang menarik bagi banyak orang.

Diberitakan The Guardian, 20 Maret 2021, menurut Kantor Meteorologi Islandia, gunung berapi di dekat ibu kota Reykjavik Islandia meletus setelah ribuan gempa bumi kecil terjadi selama beberapa pekan terakhir.

Awan merah menerangi langit malam setelah letusan dimulai di Fagradalsfjall pada19 Maret 2021, sekitar 40 km (25 mil) dari ibu kota Reykjavik.

Kantor Meteorologi Islandia memperkirakan, aliran laharnya meluncur sekitar 200 meter.

Zona larangan terbang telah ditetapkan di daerah tersebut tetapi letusan mereda pada Sabtu (20/3/2021) malam.

Setelah itu, masyarakat mulai berdatangan untuk menonton erupsi gunung Fagradalsfjall.

ABC News, 23 Maret 2021, memberitakan, letusan pertama pada Jumat itu merupakan letusan pertama sejak 800 tahun berlalu.

Lava yang mengalir, medan panas, dan awan mistik telah menarik banyak pengunjung dan ilmuwan ke Semenanjung Reykjanes.

Kantor Meteorologi Islandia melaporkan bahwa letusan hari Jumat terjadi sekitar tiga mil dari pantai dan tidak menimbulkan bahaya serius bagi penduduk di daerah tersebut.

Kerumunan mulai berkumpul sepanjang akhir pekan untuk melihat aliran lava dari jarak yang aman, mengambil gambar, dan bahkan merekam video drone dari lava dan medan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.