Kompas.com - 06/03/2021, 14:25 WIB
Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.(the new york times) JNG DIPAKEAlissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.(the new york times)

KOMPAS.com- Varian baru virus corona B.1.1.7 terdeteksi telah masuk ke wilayah Indonesia.

 

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, mutasi virus tersebut terdeteksi setelah dilaksanakan pengecekan terhadap 462 kasus beberapa bulan terakhir.

Ia mengatakan mutasi virus corona tersebut akan membuat masyarakat kesulitan sehingga dibutuhkan model penanganan yang lebih baik.

"(Kembangkan) riset dan model penanganan lebih baik dan studi-studi epidimiologis secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," ujar Dante seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (3/3/2021).

Selain B.1.1.7, terdapat juga varian baru virus corona lainnya yang saat ini tengah menyebar di Inggris, Afrika Selatan dan Brasil.

Apa saja varian baru virus corona tersebut dan bagaimana karakteristiknya?

Baca juga: Jejak Mutasi Virus Corona B.1.1.7. di Tiga Daerah di Indonesia

1. B.1.1.7

Melansir CDC, salah satu bentuk mutasi virus corona muncul di Inggris pada September 2020. Varian ini kemudian diidentifikasi sebagai B. 1.1.7.

Meski berasal dari Inggris, namun kasus infeksi dari virus mutasi ini telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat dan Indonesia.

Pada Januari 2021, ilmuwan Inggris menunjukkan bukti bahwa strain ini memiliki karakter yang lebih cepat menular dan dinilai berkaitan dengan penigkatan kematian yang tercatat di negara itu.

Sejauh ini belum ditemukan bukti bahwa B.1.1.7 dapat meningkatkan keparahan penyakit maupun melemahkan kemanjuran vaksin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X