WHO Peringatkan Tahun Kedua Pandemi Mungkin Lebih Sulit, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 14/01/2021, 10:26 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/RUKSUTAKARN studioIlustrasi virus corona
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa tahun kedua pandemi virus corona kemungkinan akan lebih sulit dibandingkan tahun lalu, setidaknya dalam beberapa bulan pertama.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Program Kedaruratan WHO Mike Ryan.

"Kami akan memasuki tahun kedua, bahkan bisa lebih sulit," kata Ryan seperti dikutip dari CNA, 14 Januari 2021.

Menurutnya, dinamika transmisi dan masalah lain yang terlihat, mendorong lebih sulitnya pandemi di tahun kedua, terutama di belahan bumi utara.

Baca juga: Simak, 4 Tahapan Vaksinasi dan Reaksi yang Mungkin Terjadi Setelah Divaksin, Apa Saja?

Melansir VOA News, Ryan menyampaikan, selain Asia Tenggara, seluruh wilayah di dunia telah menunjukkan peningkatan infeksi selama seminggu terakhir.

Amerika Serikat menjadi negara paling banyak melaporkan kasus positif, yang menyumbang setengah dari seluruh kasus global dan 45 persen dari semua kematian.

Jumlah kematian di seluruh dunia mendekati 2 juta orang sejak pandemi dimulai, dengan 91,5 juta orang terpapar virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Update Corona Global: 92,6 Juta Positif, 1,9 Juta Meninggal | Peneliti Brasil Ungkap Sinovac 50,4 Persen Efektif

Tindakan memerangi virus

Setidaknya dua varian baru virus corona, yang diidentifikasi di Inggris dan Afrika Selatan, telah terbukti lebih mudah menular.

Varian baru dari virus corona telah memunculkan kekhawatiran di negara-negara Eropa.

Pemerintah di seluruh Eropa telah melakukan pembatasan yang lebih ketat untuk menekan penyebaran virus corona.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X