Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Pinjaman Dana Lunak Catut Nama Diskoperindag Kota Malang

Kompas.com - 03/11/2020, 16:00 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi hoaks pemberian pinjaman lunak bagi UMKM yang mencatut nama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang.

Informasi via WhatsApp grup itu berbunyi bahwa Disperindagkop Kota Malang sudah menunjuk pihak ketika untuk mencairkan dana pinjaman lunak tanpa bunga dan tanpa agunan dari Angkasa Pura dan Kimia Farma.

Kuota penerima pinjaman sebanyak 200 UMKM dan akan dibantu koperasi yang sudah ditunjuk Dinkop Kota Malang.

Untuk mengajukan pinjaman, terdapat sejumlah syarat pemberian data pribadi. Mulai dari fotokopi KTP, foto tempat usaha, rekening koran 3 bulan terakhir, hingga pembukuan usaha 3 bulan terakhir.

Syarat lain yakni membayar biaya administrasi Rp 65.000. Berkas syarat ditunggu paling lambat 10 November 2020.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menegaskan, pihaknya tidak pernah menunjuk pihak ketiga untuk memberikan pinjaman dana lunak tanpa bunga maupun sejenisnya.

"Kami menyatakan bahwa (informasi) itu adalah hoaks," tulis Diskopindag Kota Malang dalam akun Instagram diskopindag_kotamalang, Senin (2/11/2020).

Diskopindag mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap pihak yang tidak bertanggungjawab. Masyarakat juga diimbau untuk melakukan verifikasi terhadap segala informasi yang diterima.

Penjelasan Diskopindag juga diumumkan di akun Facebook Diskopindag Kota Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com