100 Dokter Gugur Akibat Covid-19, Apa yang Perlu Dievaluasi?

Kompas.com - 31/08/2020, 17:37 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 ShutterstockIlustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19

KOMPAS.com - Indonesia berduka. Sebanyak 100 orang dokter meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membenarkan informasi tersebut.

"Betul, Ketua Umum IDI juga sudah memberikan ucapan khusus untuk 100 sejawat yang gugur," kata Humas PB IDI, dr Halik Malik, Senin (31/8/2020).

Di Indonesia, per Senin (31/8/2020), tercatat ada sebanyak 174.796 orang yang terinfeksi virus corona

Dari jumlah itu, 125.959 orang sembuh, namun 7.417 lainnya meninggal dunia. Sehingga pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan ada 41.420 orang.

Terkait dengan 100 orang dokter meninggal, ahli patologi klinis sekaligus Wakil Direktur RS UNS Hartono, Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan diperlukan sinergitas untuk melindungi para tenaga kesehatan.

Sebab, Covid-19 yang menyerang para dokter dan tenaga kesehatan tidak hanya terjadi dari rumah sakit, tetapi juga dari lingkungan masyarakat.

"Kita harus jujur, selama di rumah sakit dokter memakai APD lengkap. Tapi kehidupan mereka kan tidak hanya di rumah sakit, mereka juga hidup di tengah masyarakat dengan berbagai aktivitas sosial," kata Tonang kepada Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Baca juga: 100 Dokter Meninggal akibat Corona, Epidemiolog Nilai Kerugian Besar Bagi Indonesia

Tonang mengakui  Indonesia saat ini berada dalam dua kondisi yang kontradiktif, yaitu belum mampu mengendalikan Covid-19 tetapi kejenuhan masyarakat mulai muncul.

Kejenuhan masyarakat ini bisa dibuktikan dengan aktivitas yang kembali normal, seperti sebelum adanya Covid-19 dan pengabaian terhadap protokol kesehatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X