Kisah Mahasiswa Wisuda Online: Pinjam LCD Proyektor agar Ditonton Seluruh Keluarga

Kompas.com - 06/06/2020, 08:03 WIB
Tangkapan layar prosesi wisuda online Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Tsania Ulil Albab SugengTangkapan layar prosesi wisuda online Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

KOMPAS.com - Siapa pun mungkin sebelumnya tak pernah membayangkan situasi pandemi virus corona yang terjadi saat ini.

Wabah virus corona telah mengubah dunia dan segala rencana manusia. Termasuk para mahasiswa yang tahun ini seharusnya melakukan selebrasi kelulusan setelah menempuh pendidikan tinggi: wisuda.

Situasi pandemi virus corona tak memungkinkan pihak universitas menyelenggarakan prosesi wisuda secara fisik.

Pilihannya, menggelar wisuda secara online. Di media sosial, tak sedikit yang mengungkap kecewa karena tak bisa merasakan wisuda seperti biasanya.

Menghibur para mahasiswa yang lulus saat pandemi virus corona ini, presenter Najwa Shihab bahkan mengajak siapa saja melalui tagar #WisudaLDR2020 untuk mengunggah foto saat wisuda disertai caption yang memberikan semangat dan dukungan.

Bagaimana isi hati para mahasiswa yang harus merasakan wisuda online

Alumni Jurusan Managemen dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Tsania Ulil Albab Sugeng, mengungkapkan perasaannya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Ia mengatakan, wisuda adalah momen yang dinantikannya. Di UNS, biasanya digelar di Gedung Rektorat yang megah. Tsania mengaku sudah membayangkan akan merayakan wisuda bersama keluarga dan teman-temannya.

Baca juga: Pandemi Virus Corona, UNS Gelar Wisuda Online pada Sabtu Besok

Namun, impiannya tak terwujud karena pada akhirnya menjalani wisuda daring. 

"Pas ini sedih sih (wisuda online). Pengennya, awalnya itu ya udah ditunda saja sampai pandemi selesai," ujar Tsania.

Ia sempat berharap prosesi wisuda tetap berlangsung di Gedung Rektorat.

"Aku udah sampai chat pihak BEM buat menyampaikan biar wisuda tidak harus online. Tetapi dari pihak BEM tidak ada respons, jadi ya udahlah," ujar mahasiswi yang juga menjadi Mawapres Februari 2020 ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X