Simak, Jadwal dan Biaya Terbaru LTMPT Serta Ditiadakannya TKA

Kompas.com - 05/05/2020, 04:52 WIB
Biaya UTBK-SBMPTN hanya Rp 175.000 https://ltmpt.ac.id/Biaya UTBK-SBMPTN hanya Rp 175.000

KOMPAS.com –  Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) mengalami sejumlah penyesuaian karena adanya wabah Covid-19

Sebelumnya pelaksanaan UTBK sempat ditunda, dan melalui surat edaran Nomor 11/SE. LTMPT/2020 jadwal pelaksanaan tes diubah.

Kini, pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) ditiadakan.

“Hanya Tes TPS saja, karena Pandemi Covid – 19,” ujar Humas LTMPT Anwar Effendi saat dihubungi Kompas.com Senin (4/5/2020).

Baca juga: LTMPT Minta Lulusan SNMPTN 2020 Jadi Duta Pencegahan Covid-19

Hal ini berbeda, dengan tahun sebelumnya di mana pelaksanaan UTBK meliputi dua tes, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Tes TPS merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif, yakni kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Baca juga: Ini Dia Ragam Komentar Peserta SNMPTN 2020 di Akun Instagram LTMPT

Biaya tes

Sebelumnya, LTMPT  merencanakan pembiayaan UTBK 2020 sebesar Rp 200.000 untuk kelompok ujian SAINTEK-SOSHUM.

Serta sebesar Rp 300.000 untuk kelompok ujian campuran.

Akan tetapi, memantau dari laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), biaya yang ditanggung peserta untuk mengikuti UTBK 2020 adalah sebesar Rp 175.000.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X