Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pengumuman SNMPTN 2020, Ini Pesan Ketua LTMPT untuk Para Siswa

Kompas.com - 08/04/2020, 07:57 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber UNAIR News

KOMPAS.com - Dalam beberapa jam ke depan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bersiap mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

Rencananya, pengumuman hasil SNMPTN 2020 akan diumumkan hari ini, Rabu (8/4/2020) pukul 13.00 WIB.

Terkait dengan pengumuman tersebut, Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof. Mohammad Nasih,  mengungkapkan sejumlah pesan untuk para siswa, merangkum dari laman Universitas Airlangga (Unair).

Bagi siswa yang dinyatakan lulus seleksi, kata Prof. Nasih, dimohon untuk memperhatikan informasi dengan detail di masing-masing PTN yang diterima. Pasalnya, setiap PTN memiliki aturan berbeda.

Selain itu, Prof. Nasih juga berpesan agar peserta yang lulus SNMPTN 2020 bisa menjadi duta pencegahan Covid-19 sebagai bentuk rasa syukur karena telah lolos seleksi.

Baca juga: Ini 12 Laman Mirror Pengumuman SNMPTN 2020, Catat Ya

“Sebagai rasa syukur akan diterimanya SNMPTN. Mari kita menjadi duta pencegahan Covid-19. Peran kalian sebagai duta adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. Hal ini juga akan menjadi landasan bagi saudara untuk sukses di masa depan,” ungkap Prof. Nasih dalam laman Unair News, Selasa (7/4/2020).

Bagi yang belum diterima, sambung Prof. Nasih, siswa harus lebih optimis untuk melakukan proses tes selanjutnya, yakni SBMPTN.

SBMPTN sendiri akan dilaksanakan di Bulan Juni dan Juli 2020. Rencananya proses pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020.

Sedangkan pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 5-12 Juli 2020 dan hasil SBMPTN akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

“Waktu tersebut masih bersifat tentatif. Artinya, jika kondisi masih belum memungkinkan maka akan dilakukan penjadwalan ulang. Meski demikian, kita semua harus optimis agar UTBK bisa dilaksanakan pada tanggal tersebut,” lanjut Prof. Nasih.

Baca juga: Besok Pengumuman SNMPTN 2020, 6 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Gagal Lolos

Perihal mekanisme pelaksanaan karena waktu yang terbatas, Prof. Nasih mengungkapkan, UTBK tahun ini akan ada perubahan dan penyesuaian.

Pertama, pada saat mendaftar UTBK dilakukan dalam waktu bersamaan dengan daftar SBMPTN, yakni program studi dipilih di awal.

Kedua, tidak adanya pengumuman nilai UTBK seperti tahun lalu. Sehingga mekanisme pengumumannya akan secara langsung dan usai ujian akan langsung diumumkan.

“Sekali lagi, alasan utamanya adalah karena kondisi yang tidak biasa. Mari kita persiapkan dengan sebaik baiknya. Tetap di rumah dan belajar di rumah dengan maksimal. Insya Allah hal itu sudah cukup untuk bekal UTBK,” tegasnya.

***

Pengumuman SNMPTN 2020 di Harian KompasDOK. HARIAN KOMPAS Pengumuman SNMPTN 2020 di Harian Kompas
Secara khusus, Kompas.com juga memberikan link hasil pengumuman resmi SNMPTN 2020 melalui tautan https://sbmptn.kompas.com/2020 serta akan diumumkan melalui Harian Kompas pada tanggal 9 April 2020.

Kompas.com menghadirkan liputan khusus "SBMPTN 2020" dengan konten berbagai informasi dan tips terkait SNMPTN, UTBK dan SBMPTN serta fitur Tes Minat Bakat dan Try Out gratis melalui tautan https://sbmptn.kompas.com/2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UNAIR News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com