Ingat! Lapor SPT Tahunan hingga Akhir Maret, Ini Cara Membuat EFIN

Kompas.com - 04/03/2020, 14:42 WIB
Ilustrasi Efin Indonesia.go.idIlustrasi Efin

KOMPAS.com - Proses pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) untuk perhitungan pembayaran pajak saat ini cukup mudah dengan hadirnya layanan secara online.

Pelaporan SPT Tahunan online dapat dilakukan salah satunya dengan E-Filling yang dapat diakses di di laman Direktorat Jenderal Pajak.

Namun, untuk bisa melakukan pelaporan secara mandiri di sistem online, Wajib Pajak (WP) harus sudah memiliki nomor EFIN atau Electronic Filing Identification Number.

EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada WP yang melakukan transaksi elektronik dengan DJP.

Lalu bagaimana cara mendapatkan EFIN?

Baca juga: Denda Menanti jika Telat Lapor SPT Pajak

Cara dapatkan EFIN

Untuk WP Pribadi, berikut ini cara mendapatkan nomor EFIN sesuai dengan langkah yang diberikan oleh DJP.

1. Datang ke kantor pajak terdekat seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP), secara langsung dan tidak dapat diwakilkan atau dikuasakan ke orang lain.

Untuk karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, permohonan EFIN dapat dilakukan secara kolektif, minimal 20 orang karyawan.

Syaratnya, nama karyawan harus sudah tercantum pada laporan SPT PPh 21.

2. Mengisi, menandatangani, dan menyerahkan formulir permohonan aktivasi EFIN yang bisa didapatkan di kantor tersebut kepada petugas.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X