Meski Warganya Tak Pelesir ke China, Dua Negara Ini Laporkan Penularan Virus Corona

Kompas.com - 29/01/2020, 11:21 WIB
Pengguna jalan mengenakan masker melintas di jalanan Hong Kong di tengah masa liburan Tahun Baru Imlek pada 27 Januari 2020. Saat ini, China tengah dihantam virus corona yang sudah membunuh lebih dari 100 orang. AFP/ANTHONY WALLACEPengguna jalan mengenakan masker melintas di jalanan Hong Kong di tengah masa liburan Tahun Baru Imlek pada 27 Januari 2020. Saat ini, China tengah dihantam virus corona yang sudah membunuh lebih dari 100 orang.

KOMPAS.com - Wabah virus corona jenis baru atau 2019-nCov semakin merebak. Penyebaran virus yang bermula dari kota Wuhan, China tersebut masih menjadi perhatian dunia.

Tercatat, hingga Rabu (29/1/2020) dilaporkan sudah 16 negara yang terjangkit virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Diketahui, virus corona dapat menular dari hewan ke manusia, bahkan dari manusia ke manusia.

Sebelumnya, sejumlah peneliti beranggapan, virus ini dapat menular jika kita menyentuh hewan yang terjangkit virus corona.

Namun penyebaran virus corona kini diketahui dapat menular melalui udara antara orang yang sehat dengan penderita virus corona, meski orang sehat tersebut tidak secara langsung ke China atau kontak dengan hewan yang sakit.

Baca juga: Viral Virus Corona Menyebar lewat Ponsel Xiaomi, Ini Penjelasan IDI

Ada dua negara yang dilaporkan mengalami penularan virus corona dengan tidak secara langsung ke China, yakni Jepang dan Jerman.

Berikut rinciannya:

Jepang

Seorang pria asal Jepang dilaporkan terkena virus corona diduga saat mengantar dua rombongan turis Wuhan pada awal Januari.

Adapun korban yang tidak disebutkan identitasnya itu kemudian dirujuk ke rumah sakit karena menderita gejala mirip flu pada Sabtu (25/1/2020).

Kepada AFP, sumber dari kementerian kesehatan setempat mengungkapkan, pihaknya tidak memiliki informasi yang menyatakan pria berusia 60-an tahun itu melakukan perjalanan ke China.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X