BKN Tegaskan Peserta P1/TL Wajib Cetak Kartu Ujian CPNS, Ini Informasinya

Kompas.com - 09/01/2020, 16:38 WIB
Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017). Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOPeserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017). Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa.

KOMPAS.com - Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dengan status P1/TL yang mendaftar kembali pada rekrutmen CPNS 2019 tetap harus mencetak kartu ujian.

Kewajiban ini berlaku bagi seluruh P1/TL, baik yang memilih kembali mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), maupun yang tidak memilih mengikuti tes.

"Iya, pelamar P1/TL yang tidak mengikuti ujian tetap harus mencetak kartu ujian peserta," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Paryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/1/2020).

Dalam kartu ujian tersebut, akan muncul apakah status P1/TL pelamar diterima atau ditolak oleh instansi.

Baca juga: Jelang SKD CPNS, Ini 3 Jadwal Simulasi yang Digelar BKN pada Januari 2020

Hal ini juga disampaikan BKN lewat akun resmi Twitternya, @BKNgoid seperti berikut ini.

Paryono menjelaskan, meskipun pelamar P1/TL saat mendaftar tidak memilih mengikuti ujian, namun muncul status untuk mengikuti ujian, maka peserta tetap harus mengikuti ujian.

"Karena kalau tidak ikut ujian, maka yang bersangkutan akan dirugikan karena nilai 2018 tidak bisa digunakan," ujar dia.

"Yang dipakai nilai (ujian) tertinggi," lanjut Paryono.

Ia menambahkan, instansi dapat menolak status pelamar P1/TL pelamar yang memilih tidak ikut ujian.

Dalam hal ini, instansi dapat menentukan apakah pendidikan 2018 dan 2019, yang bersangkutan itu sama atau tidak.

"Kalau dirasa beda, instansi punya hak nolak juga karena memang disediakan di aplikasi," kata Paryono.

Baca juga: Update CPNS 2019: Titik Lokasi Tes SKD di Kepulauan Riau, Riau dan Sumbar

Lebih lanjut, informasi yang muncul di halaman verifikator saat masa verifikasi adalah pendidikan 2018 dan pendidikan 2019 pelamar.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X