Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Pangeran Charles dan Putri Diana Resmi Bercerai

Kompas.com - 09/12/2019, 05:30 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada cerita dari masa lalu yang terjadi bertepatan dengan hari ini, Senin (9/12/2019).

Pada 9 Desember 1992, Pangeran Charles dan Putri Diana dari kerajaan Inggris secara resmi mengumumkan hasil perceraiannya.

Perdana Menteri Inggris ketika itu John Major yang mengumumkan informasi perceraian sah keduanya dari Istana Buckingham.

Major menyebut, Charles dan Diana telah resmi berpisah dan tidak lagi menjadi sepasang suami isteri, secara damai dan baik.

Sebelumnya, sebuah tabloid di Inggris telah memunculkan rumor atau spekulasi adanya permasalahan dalam pernikahan pasangan kerajaan itu.

Permasalahan itu dapat tercium pihak luar setelah Diana dan Charles berlibur secara terpisah. Begitu juga saat melakukan kunjungan dinas, mereka tidak tidur di kamar yang sama.

Pada akhir Juli 1981, kurang lebih hampir satu miliar penonton televisi dari 74 negara berbeda menyaksikan pernikahan megah pewaris tahta Kerajaan Inggris ini di Katedral St. Paul.

Baca juga: Ketika Putri Diana Rahasiakan Jenis Kelamin Bayinya dari Charles...

Lady Diana Spencer merupakan seorang gadis yang datang dari kalangan keluarga luar kerajaan. Ia adalah seorang guru muda yang mengajar di sebuah sekolah bahasa Inggris.

Keduanya mengucap janji suci diharapan 2.650 tamu yang hadir. Jumlah tamu undangan yang fantastis ini banyak membuat orang-orang iri.

Dari pernikahannya, mereka dianugerahi dua putera, yakni Pangeran William yang lahir pada 1982 dan Pangeran Harry yang lahir dua tahun setelahnya.

Tak berselang lama, pasangan yang banyak disebut sebagai kisah nyata dari negeri dongeng itu hancur ditelan perceraian.

Diana setuju untuk melepaskan gelar 'Princess of Wales', 'Yang Mulia', dan keistimewaan atas masa depan dari kerajaan yang sebelumnya ia genggam.

Perceraian ini menjadi kabar yang dikonsumsi oleh masyarakat dunia melalui sorot media dari berbagai negara. Semua orang membicarakan nasib rumah tangga yang berujung pisah ini.

Terlebih dengan adanya isu lain yang yang menyertainya, seperti orang ketiga di pihak Charles juga Diana.

Charles dikabarkan memiliki hubungan gelap dengan Camilla Parker-Bowles saat masih terikat pernikahan dengan Diana. Saat ini Camilla sudah diperistri oleh Charles, menggantikan posisi Diana.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com