Hari Ini dalam Sejarah: Pangeran Charles dan Putri Diana Resmi Bercerai

Kompas.com - 09/12/2019, 05:30 WIB
Diana Spencer dan Charles Shutterstock.comDiana Spencer dan Charles

KOMPAS.com - Ada cerita dari masa lalu yang terjadi bertepatan dengan hari ini, Senin (9/12/2019).

Pada 9 Desember 1992, Pangeran Charles dan Putri Diana dari kerajaan Inggris secara resmi mengumumkan hasil perceraiannya.

Perdana Menteri Inggris ketika itu John Major yang mengumumkan informasi perceraian sah keduanya dari Istana Buckingham.

Major menyebut, Charles dan Diana telah resmi berpisah dan tidak lagi menjadi sepasang suami isteri, secara damai dan baik.

Sebelumnya, sebuah tabloid di Inggris telah memunculkan rumor atau spekulasi adanya permasalahan dalam pernikahan pasangan kerajaan itu.

Permasalahan itu dapat tercium pihak luar setelah Diana dan Charles berlibur secara terpisah. Begitu juga saat melakukan kunjungan dinas, mereka tidak tidur di kamar yang sama.

Pada akhir Juli 1981, kurang lebih hampir satu miliar penonton televisi dari 74 negara berbeda menyaksikan pernikahan megah pewaris tahta Kerajaan Inggris ini di Katedral St. Paul.

Baca juga: Ketika Putri Diana Rahasiakan Jenis Kelamin Bayinya dari Charles...

Lady Diana Spencer merupakan seorang gadis yang datang dari kalangan keluarga luar kerajaan. Ia adalah seorang guru muda yang mengajar di sebuah sekolah bahasa Inggris.

Keduanya mengucap janji suci diharapan 2.650 tamu yang hadir. Jumlah tamu undangan yang fantastis ini banyak membuat orang-orang iri.

Dari pernikahannya, mereka dianugerahi dua putera, yakni Pangeran William yang lahir pada 1982 dan Pangeran Harry yang lahir dua tahun setelahnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X