Jokowi Sebut Cita-cita Indonesia di Tahun 2045, Apa Saja?

Kompas.com - 20/10/2019, 19:08 WIB
Presiden Joko Widodo dalam pidato pertamanya usai pelantikan yang dilakukan di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10/2019). KOMPAS TVPresiden Joko Widodo dalam pidato pertamanya usai pelantikan yang dilakukan di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10/2019).

KOMPAS.com - Presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo- Ma'ruf Amin resmi dilantik di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2019).

Dalam pelantikan tersebut, Jokowi menyebutkan cita-cita bangsa di tahun 2045 yang ditargetkan akan keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah.

"Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp 320 juta per kapita per tahun atau Rp 27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita. Target kita bersama," ujar Jokowi pada sidang paripurna MRP RI dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dapat mencapai 7 triliun dollar AS. Hal itu sesuai dengan target satu abad Indonesia merdeka.

Dengan angka tersebut, imbuhnya Indonesia bakal masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen.

"Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai," ujar Jokowi.

Kendati demikian, semua program  yang telah ditargetkan tidak datang secara otomatis, dan tidak dapat dilakukan dengan mudah.

Oleh sebab itu, Jokowi menekankan kerja keras dan kerja cepat, serta kerja-kerja bangsa yang produktif.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa dalam dunia yang penuh risiko, sangat dinamis, dan kompetitif ini, rakyat Indonesia bersama-sama harus terus mengembangkan cara baru dan nilai baru.

" Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton," ujar Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X