Hari Ini dalam Sejarah: 20 Oktober 2014, Melepas SBY, Menyambut Jokowi

Kompas.com - 20/10/2019, 13:50 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyapa warga saat diarak menggunakan kereta kencana ketika berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). KOMPAS/PRIYOMBODOPresiden Republik Indonesia Joko Widodo menyapa warga saat diarak menggunakan kereta kencana ketika berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini 5 tahun lalu, tepatnya 20 Oktober 2014, Joko Widodo dilantik sebagai Presiden ke-7 RI untuk masa bakti 2014-2019.

Jokowi dilantik bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dilantiknya Jokowi menandai berakhirnya masa bakti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat sebagai presiden selama dua periode.

SBY menjabat presiden pada 2004-2009 dan 2009-2014.

Ini kilas balik kisah saat SBY dilepas meninggalkan Istana dan rakyat menyambut Jokowi sebagai pemimpinnya yang baru.

Bertemu SBY

Sehari sebelum pelantikan sebagai presiden, 19 Oktober 2014, Jokowi mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan dan bertemu dengan SBY.

SBY mengajak Jokowi melihat-lihat Istana Merdeka, Istana Negara, Kantor Presiden, serta halaman Kompleks Istana Kepresidenan.

Baca juga: Kerja, Kerja, Kerja, Mengenang Pidato Pertama Jokowi sebagai Presiden pada 2014

Mengutip pemberitaan Harian Kompas, 20 Oktober 2014, saat itu, SBY juga memperlihatkan ruangan kerja Kantor Presiden kepada Jokowi.

Tak cukup sampai di stu, SBY kala itu juga menunjukkan tiang di ruang utama Istana negara yang sengaja dikosongkan untuk dipasangi foto dirinya.

Di ruangan tersebut, sudah terdapat foto enam Presiden Indonesia sebelumnya.

Hari itu juga dilakukan gladi bersih, setelah pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla, akan ada prosesi Jokowi melepas SBY di Gerbang Istana Merdeka.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X