Seperti di Indonesia, Pemburu “Selfie” China Rusak Area Rumput Pink

Kompas.com - 16/10/2019, 18:12 WIB
Para pemburu selfie di China merusak area yang ditumbuhi rumput liar berwarna merah muda Hzdaily.Hangzhou.com.cnPara pemburu selfie di China merusak area yang ditumbuhi rumput liar berwarna merah muda

KOMPAS.com - Area luas yang ditumbuhi rumput jenis Muhly yang mengeluarkan warna pink di China, rusak akibat aktivitas pemburu " selfie" yang mengambil foto di sana.

Berharap mendapatkan foto diri terbaik dengan latar belakang padang rumput luas berwarna pink, para turis ini justru berbuat seenaknya dan membuat rumput yang tumbuh liar itu rusak akibat terinjak, diduduki, dan sebagainya.

Dikutip dari South China Morning Post, area yang terletak di Binjiang, Hangzhou itu terpaksa ditutup dua minggu setelah rumput bermekaran karena para pengunjung merambah masuk area dan melanggar batas yang sudah ditetapkan.

Para pengunjung ini semakin banyak berdatangan sejak rumput muhly banyak ditampilkan di media sosial China seperti TikTok.

Penutupan dilakukan pada Minggu (13/10/2019) ditujukan untuk melindungi area yang sudah rusak akibat terinjak-injak wisatawan itu.

Baca juga: Setelah Heboh Amarilis, Akankah Taman Eceng Gondok Ini Dirusak Aksi Selfie?

Para turis yang berburu foto itu mengabaikan pembatas dan masuk ke area sekitar 10 hektar itu dan menginjak-injak Muhly yang sedang bermekaran. Tak hanya menginjak, bahkan mereka juga banyak yang duduk dan berbaring di atas rumut demi mendapatkan foto terbaik menurut mereka.

Semestinya, bunga-bunga dari rumput Muhly itu dapat bertahan selama dua bulan selama musim gugur. Namun, rumput-rumput cantik itu hanya bisa bertahan dua pekan setelah pertama kali bermekaran pada 1 Oktober lalu.

Salah satu orang yang menjaga area itu, Zheng Xianhua menceritakan butuh 3 tahun waktu untuk merawat rumput yang diimpor dari Australia itu hingga bisa berbunga dan tumbuh indah.

Saat bercerita, suaranya terdengar serak akibat terlalu banyak berteriak memperingatkan pengunjung yang tidak mematuhi aturan.

Ia mengaku terpaksa untuk memangkas rumput-rumput itu sebelum semakin rusak diinjak-injak pengunjung, dengan harapan Muhly dapat kembali berbunga tahun depan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X