Awas, Terlalu Lama Menatap Layar Gadget Sebabkan Gangguan Ini

Kompas.com - 13/10/2019, 21:05 WIB
ilustrasi mata lelah shutterstockilustrasi mata lelah

KOMPAS.com - Saat ini, penggunaan gawai semakin meningkat dan hampir digunakan oleh semua orang di semua kalangan dan semua usia.

Penggunaan gawai seringkali dinilai menyebabkan masalah-masalah kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, darah tinggi, hingga gangguan tidur.

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari masalah-masalah kesehatan ini?

Salah satu penyakit yang terjadi akibat terlalu lama menatap layar gawai dikenal sebagai  Computer Vision Syndrome (CVS).

Computer Vision Syndrome adalah sekumpulan masalah mata dan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan komputer, tablet, maupun ponsel.

Baca juga: Cara Mudah Mencegah Computer Vision Syndrome

Melansir Kompas.com (21/06/2016), menatap layar gawai terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan tidak rileks.

Gejala CVS antara lain adalah penglihatan kabur, mata perih dan kering, hingga sakit kepala.

Menurut The Pharmaceutical Journal, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sekitar 75 persen dari populasi yang berkerja di depan layar selama 6-9 jam mengaku mengalami gangguan okuler.

Melansir dari Malays Fam Physician, ada tiga mekanisme utama yang menyebabkan CVS, yakni mekanisme ekstraokuler, mekanisme akomodatif, dan mekanisme permukaan okuler.

Efek visual pada komputer seperti kecerahan, resolusi, sorotan, dan kualitas adalah faktor-faktor yang dinilai berperan dalam terjadinya CVS.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X