Mengenal Mintchan, Virtual Youtuber Buatan Animator Indonesia

Kompas.com - 05/10/2019, 15:32 WIB
Mintchan, salah satu software interaksi garapan Wilson Tjandra untuk mengenalkan Indonesia ke dunia luar melalui jenis usaha endorse. Kompas.com/Retia Kartika DewiMintchan, salah satu software interaksi garapan Wilson Tjandra untuk mengenalkan Indonesia ke dunia luar melalui jenis usaha endorse.

KOMPAS.com - Bekraf Festival 2019 resmi digelar di Solo, Jawa Tengah pada Jumat-Minggu, 4-6 Oktober 2019. Mengusung tema Kita Kaya Karya, festival yang diadakan di Benteng Vastenburg tersebut merupakan festival dalam rangka mengapresiasi pelaku kreatif yang turut berkontribusi dalam kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Festival ini mengenalkan 40 program Bekraf, di mana salah satunya adalah Program Katapel, yang menampilkan hasil karya dari pemenang Batch 1 dan Batch 2.

Salah satu pemenang program Katapel ini yaitu "Mintchan", di mana jenis usaha ini membuat software interaksi melalui tokoh animasi yang ditujukan untuk mengenalkan Indonesia ke dunia luar.

Founder, dan Producer Mintchan, Wilson Tjandra mengungkapkan bahwa konsep awal pembuatan Mintchan adalah untuk menghidupkan sebuah karakter melalui software buatannya.

"Nama asli untuk karakternya adalah Millie Narry, yang diambil dari kata Millenial. Sedangkan Mintchan merupakan singkatan dari Millie Narry Youtube Channel. Jadi diharapkan Mintchan itu dapat mewakili generasi milenial," ujar Wilson saat dihubungi Kompas.com pada Jumat, (4/10/2019).

Selain itu, Wilson menjelaskan bahwa penggarapan Mintchan ini juga ditujukan untuk mengangkat industri lokal.

"Kita berharap Mintchan ini bisa jadi maskot yang mampu mengangkat Indonesia," ujar Wilson.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film yang Bisa Anda Tonton Akhir Pekan Ini

Film Animasi

Sementara, produk Mintchan ini terbesit dari pengalaman masa kecil Wilson yang kerap menonton film animasi sejak kecil.

Menurutnya, masyarakat Indonesia telah terkena serangan pop culture dari Jepang, salah satunya kartun yang ditontonnya sejak kecil.

Kemudian, muncul hasrat untuk menunjukkan bahwa suatu hari Indonesia juga bisa membuat karya animasi dengan gaya jejepangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X