Profil Singkat Ibunda SBY Siti Habibah

Kompas.com - 30/08/2019, 21:19 WIB
Foto yang diunggah di akun Twitter @sbyudhoyono pada 13 Agustus 2019 ini memperlihatkan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono tengah mencium ibunya, Siti Habibah, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. TWITTER/SBYUDHOYONOFoto yang diunggah di akun Twitter @sbyudhoyono pada 13 Agustus 2019 ini memperlihatkan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono tengah mencium ibunya, Siti Habibah, yang tengah dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur.

KOMPAS.com – Ibunda kandung dari Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Siti Habibah tutup usia, Jumat (30/8/2019) pukul 19.21 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur.

Selain karena faktor usia, Ibunda SBY juga memiliki riwayat sakit yang sudah cukup lama ia derita hingga akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya.

Kepala Divisi Komunikasi Partai Demokrat Imelda Imelda Sari menyebut ibunda SBY yang juga kerap disapa sebagai Eyang Bibah ini menderita sakit keras, tanpa menyebutkan secara spesifik.

“Tepatnya dua hari lalu, ibunda Bapak sedang sakit keras," kata Imelda, 10 Agustus 2019.
Dalam pemberitaan sebelumnya, istri dari Raden Soekotjo ini diketahui menderita sakit empedu.

Kembali semasa hidupnya, Siti merupakan pengagum berat sosok Soekarno, Presiden pertama RI. Hal itu disebutkan oleh sang putra tunggal SBY dalam salah satu judul bukunya.

“Untuk diketahui, ibunda saya adalah seorang pengagum Bung Karno dan sudah beberapa kali saya diajak ziarah ke makam presiden pertama kita itu,” kata SBY dalam bukunya, seperti dikutip dari artikel Harian Kompas edisi 1 Juli 2014.

Baca juga: Ibunda SBY Meninggal Dunia, Begini Riwayat Sakitnya

Ya, SBY merupakan putra tunggal dari Siti Habibah dan Soekotjo yang lahir pada 9 September 1949 di Pacitan, Jawa Timur.

Suaminya adalah seorang Komandan Rayon Militer yang pernsiun dari dunia militer dengan pangkat Letnan Satu. Ia merupakan sosok terpandang.

Sementara Siti Habibah, datang dari keluarga salah satu pendiri Pondok Pesantren Tremas, Pacitan, Jawa Timur.

Sejak ditinggal sang suami meninggal, Habibah hidup seorang diri karena sang putra satu-satunya menngenyam pendidikan militer di Magelang, Jawa Tengah.

Alhasil, ia pun pindah ke Blitar, tepatnya di Jalan Bali No. 8 dan tinggal di sana bersama sang adik.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik, jenazah akan disemayamkan di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas untuk selanjutnya dimakamkan pada keesokan harinya.

Akan tetapi, hingga berita ini diturunkan belum diketahui di mana lokasi pemakaman dari Siti Habibah.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di kediaman pribadi Bapak SBY di Puri Cikeas, untuk selanjutnya dimakamkan besok pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2019. Tempat menyusul.

Baca juga: Ibunda SBY Wafat di RS Mitra Keluarga Cibubur


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X