Awas, 9 Benda Ini Lebih Kotor daripada Dudukan Toilet

Kompas.com - 30/08/2019, 08:41 WIB
Akses masuk menuju toilet di AEON Mall Jakarta Garden City KOMPAS.com / DANI PRABOWOAkses masuk menuju toilet di AEON Mall Jakarta Garden City

KOMPAS.com – Jika kamu berpikiran bahwa toilet merupakan tempat yang paling kotor, hal itu belum tentu benar.

Secara tak sadar, banyak benda di sekitaran kita yang tak kalah kotornya dengan dudukan toilet.

Berikut ini 9 benda yang diketahui lebih kotor daripada dudukan toilet:

1. Spons Pencuci Piring

Sebagai alat pembersih peralatan dapur, kerap kali banyak yang tak menyadari bahwa spons bisa menjadi sarang bakteri dan tak kalah kotornya dari dudukan toilet.

Spons sering terendam dalam air setelah seseorang membersihkan sisa makanan di piring yang kotor. Apabila tak dibilas dan dibersihkan dengan baik, maka spons pencuci piring bisa menjadi benda sarang bakteri.

Studi yang dilakukan Good Housekeeping Institute, seperti yang dilansir Kompas.com (15/9/2016) mengatakan bahwa spons dapur menyimpan lebih dari 10 juta bakteri per inci persegi.

Hal tersebut menjadikan spons harus dicuci seminggu sekali menggunakan detergen atau menggantinya tiap dua minggu sekali dan tetap harus dibilas dengan baik tiap hari.

2. Layar Ponsel

Melansir dari Kompas.com (20/8/2018), ternyata layar ponsel memiliki kuman tiga kali lebih banyak dibandingkan toilet.

Lebih dari 35 persen pemilik ponsel tak pernah membersihkan layar ponsel menggunakan cairan khusus. Demikian hasil studi yang dilakukan Insurance2Go, sebuah perusahaan asuransi gawai di Inggris.

Penelitian tersebut menunukkan bahwa di antara semua bagian telepon seluler, layar menjadi bagian paling kotor di mana terdapat sekitar 84,9 unit bakteri. Lebih besar dari toilet yang hanya memiliki 24 koloni kuman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X