258 Napi Lapas Sorong Kabur, Beberapa Sudah Dikembalikan Keluarga

Kompas.com - 20/08/2019, 12:53 WIB
Ilustrasi sel tahanan. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi sel tahanan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Massa aksi yang melakukan demonstrasi di Sorong, Papua Barat, turut membakar Lembaga Pemasyarakatan Klas II Sorong, Senin (19/8/2019).

Kejadian ini menyebabkan 258 narapidana kabur, sementara sisanya sebanyak 289 napi masih berada di lapas.

Berdasarkan laporan jurnalis KompasTV, Flora Batlayeri, sejumlah napi yang kabur sudah kembali. Hal ini berkat bantuan pihak keluarga yang mengembalikan napi tersebut sejak Senin malam hingga Selasa (20/8/2019) pagi.

Namun, belum diketahui secara pasti berapa banyak napi yang telah kembali. Hingga saat ini, menurut Flora, petugas lapas masih mencari napi yang masih kabur dan melibatkan masyarakat.

Baca juga: Fakta Pasca-Kerusuhan di Sorong, Kantor Polisi Jadi Sasaran hingga Napi Kabur

Petugas juga meminta pihak keluarga mengembalikan keluarga mereka yang kabur dari lapas.

Terkait kondisi Sorong secara umum, Flora menyebut bentrokan antara warga dan polisi sempat terjadi di beberapa titik hingga Selasa pagi.

Namun, setelah dihalangi aparat, situasi kembali kondusif.

Meski begitu, sejumlah warga masih berkumpul untuk melakukan jalan kaki di sejumlah jalan utama di Sorong. Aksi tersebut lebih teratur karena dikawal oleh aparat keamanan.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto menjelaskan, sebanyak 258 narapidana Lapas Sorong melarikan diri karena dipicu provokasi massa demonstrasi yang menggelar aksi di luar lapas.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X