Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Astronom soal Bumi Disebut Akan Gelap pada 8 April 2024

Sebelumnya unggahan dengan narasi Bumi akan gelap selama tiga hari mulai Jumat (8/4/2024), ramai di media sosial X dan TikTok.

Menurut akun X @infoastronomy, gelapnya Bumi berkaitan dengan adanya Gerhana Matahari.

Sementara itu, akun TikTok @your_fave_shop menyebutkan bahwa kegelapan akan menyelimuti Bumi ketika planet ini melintasi sabuk foton.

"Apalagi jika disebut kegelapan terjadi karena Bumi melintasi sabuk foton," jelas Marufin kepada Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

Ia menjelaskan, sabuk foton yang dimaksud warganet dalam unggahan adalah partikel gelombang elektromagnetik yang mengangkut sifat-sifat kuantum, termasuk partikel cahaya sebagaimana yang dilihat manusia sehari-hari.

Menurut Marufin, apabila Bumi melintasi sabuk foton, terlepas bahwa konsep sabuk foton itu tak dikenal dalam astronomi, hal itu tetap akan membuat Bumi terang benderang.

"Jadi ketahuan kalo pembuat hoaks ini tidak mengerti konsep fisika modern, khususnya fisika kuantum," kata dia. 


Jadwal Gerhana Matahari Total

Marufin menerangkan, gerhana Matahari total (GMT) akan terjadi pada Jumat, 8 April 2024 berdasarkan waktu universal atau pada Sabtu, 9 April 2024 berdasarkan waktu Indonesia.

Menurutnya, dampak gerhana hanya mencakup sebagian kecil dari wajah Bumi ketika siang hari yang mengalami gerhana Matahari total.

Hal tersebut disebabkan oleh kecilnya diameter fisik Bulan. Di Indonesia, gerhana tersebut tidak akan terlihat karena terjadi lepas tengah malam waktu lokal, tepatnya Sabtu 9 April 2024 pukul 00.45-03.52 WIB.

Selain itu, Marufin juga mengatakan, tidak ada dampak gerhana Matahari total secara langsung.

Namun, ada beberapa dampak gerhana Matahari total secara tidak langsung, seperti pasang-surut air laut.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/28/063000865/penjelasan-astronom-soal-bumi-disebut-akan-gelap-pada-8-april-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke