Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Media Korsel Soroti Pratama Arhan Gabung Suwon FC, Disebut sebagai Putra Mahkota Shin Tae-yong

Kabar tersebut diumumkan oleh Suwon FC melalui akun Instagram resminya, @suwonfc, Selasa (16/1/2024).

“Suatu kehormatan bisa bersama Arhan! Selamat datang di SUWON FC! Selamat Datang Arhan,” tulis Suwon FC, seperti dikutip dari Kompas.com (16/1/2024).

Arhan akan main di posisi bek kiri bersama Suwon FC yang berlaga di K League 1, kompetisi kasta teratas liga Korea Selatan.

Perekrutan Pratama Arhan oleh Suwon FC tidak lepas dari sorotan sejumlah media lokal asal Korea Selatan.

Lalu, apa yang dikatakan media Korsel terhadap Pratama Arhan selaku pemain baru Suwon FC?

Kata media Korsel soal Pratama Arhan

Berikut beberapa pemberitaan yang membahas bergabungnya Pratama Arhan ke Suwon FC di Korea Selatan.

1. Superstar Indonesia yang akan dikembangkan

Media lokal Korsel, Osen memberitakan Arhan Pratama dalam artikel "Suwon FC Perkuat Pertahanan Samping dengan ‘Superstar Indonesia’ Pratama Arhan".

Media itu menyebut Arhan sebagai seorang superstar yang menarik perhatian banyak pecinta sepak bola Indonesia berkat penampilannya di pertandingan internasional bersama tim nasional (timnas).

Pengalamannya di Tokyo Verdy pada 2022 membuat Arhan disebut sebagai "pemain yang tumbuh dengan mempelajari sepak bola Asia Timur".

Osen menuliskan sepak bola Asia Tenggara memiliki pemain yang bergerak cepat tapi kikuk. Namun, Arhan dinilai punya teknik dan kemampuan sehingga mampu menyerang dan memberikan lemparan jarak jauh yang baik.

Media ini juga mengutip pernyataan Pelatih Suwon FC Kim Eun-joong terhadap Arhan Pratama.

"Arhaan adalah pemain yang saya pantau sejak dia menjadi anggota tim nasional kelompok umur. Saya siap membantu tim untuk mengembangkan potensi pemain," katanya.

2. Pengaruh Arhan ke keuntungan Suwon FC

Media lokal Kyeongin menyoroti kepindahan Arhan membuat banyak penggemar bola Indonesia tertarik dengan akun Instagram resmi Suwon FC.

Ini terlihat dari jumlah warganet yang menyukai unggahan pengumuman rekrutmen Arhan ke klub itu.

Menurut media ini, Suwon FC berharap perekrutan Arhan akan meningkatkan performa dan mempromosikan tim ke kawasan Asia Tenggara. Tujuan ini terbukti tercapai karena banyak orang Indonesia di Korsel berkunjung ke stadion klub.

Suwon FC juga berencana mengadakan latihan di Bali serta mengadakan pertandingan persahabatan di Indonesia. Kegiatan ini diyakini akan mendatangkan banyak penggemar.

"Bagaimana jika Arhan bermain? Pertandingan persahabatan di Indonesia sebagai anggota Suwon FC? Itu akan menjadi sebuah acara,” kata General Manager Suwon FC, Choi Soon-ho.

Dari Shin Tae-yong melatih timnas, Asnawi Mangkualam yang bermain untuk Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons, serta kini Arhan yang membela Suwon FC.

Arhan disebut punya kemampuan luar biasa dalam menyerang dan bertahan. Dia juga menonjol di pertandingan Piala Asia 2024 melawan Irak dan berkontribusi dalam gol 1-0 atas Vietnam.

Media ini juga menyoroti pandangan wartawan lokal Indonesia yang yakin dengan kemampuan, karakter, dan popularitas Arhan Pratama.

Wartawan Inter Football berkata sempat bertemu Arhan yang bertanding di Piala Asia 2024 Qatar. Namun, Arhan mengatakan tidak bisa bahasa selain bahasa Indonesia dan akan membuat janji di lain waktu.

Arhan dijadwalkan bergabung dengan Suwon FC setelah jadwalnya di timnas Indonesia selesai.

4. Putra mahkota Shin Tae-yong 

Footballist memberitakan Arhan dengan judul "Masa depan sepak bola Indonesia Arhan yang Mengatasi Kegagalan Jepang dan Bergabung dengan Suwon FC adalah Putra Mahkota Shin Tae-yong".

Media lokal ini menuliskan pelatih Shin Tae-yong percaya kepada Arhan yang dilatihnya sejak persiapan Piala Dunia U-20 2021. Arhan juga disebut pemain dengan penampilan terbanyak di masa jabatan Shin Tae-yong.

Footballist juga membahas Arhan yang gagal bermain dengan performa terbaik bersama Tokyo Verdy di J-League 2022. Dia hanya bermain dalam 4 pertandingan dan 255 menit.

Media ini juga menyebut Arhan kerap digambarkan sebagai "anak emas" atau "putra mahkota" daripada pemain muda yang menjanjikan.

Namun, Shin Tae-yong yakin dengan permainannya.

“Saya sengaja memilih Arhan demi masa depan sepak bola Indonesia. Kekuatan Arhan adalah lemparan ke dalam yang jauh, dan dia merupakan senjata yang sangat mengancam lawan," kata Shin Tae-yong.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/22/200000965/media-korsel-soroti-pratama-arhan-gabung-suwon-fc-disebut-sebagai-putra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke