Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ibu Ini Pecahkan Rekor Donasi ASI Terbanyak, Hasilnya untuk Ribuan Bayi

Hal tersebut diketahui setelah kisah Elisabeth Anderson-Sierra masuk dalam Guinness World Records.

Guinness World Records juga telah mengumumkan pemecahan rekor donasi ASI terbanyak oleh Elisabeth Anderson-Sierra melalui video yang diunggah di akun Facebook.

Video berdurasi 8 menit 43 detik itu sudah dilihat 2,1 juta kali setelah dua hari diunggah pada Jumat (14/7/2023).

Dalam keterangan di laman resmi Guinness World Records, Elisabeth mencatatkan rekor seusai mendonasikan 1.599,68 liter ke bank susu antara 20 Februari 2015 dan 20 Juni 2018.

"Itu setara dengan 2.253 latte berukuran venti di Starbucks atau 800 botol kola berukuran 2 liter," demikian bunyi keterangan di laman Guinness World Records.

Elisabeth mengatakan, jumlah itu belum termasuk ASI yang ia sumbangkan secara langsung ke ratusan keluarga di seluruh dunia.

"Itu hanya susu yang saya sumbangkan ke bank susu antara tahun 2015 dan 2018. Itu belum termasuk semua ASI yang disumbangkan ke ratusan keluarga di seluruh dunia," kata Elisabeth.

Donasi untuk ribuan bayi

Elisabeth disebut telah menyumbangkan ASI ke ribuan bayi. Bahkan, dia juga menyelamatkan bayi yang terlahir prematur.

Hal itu membuat Elisabeth merasa senang dan selalu ingin medonasikan ASI-nya.

"Ini adalah hal-hal positif dan itulah mengapa saya terus melakukan apa yang saya lakukan," ujar Elisabeth.

Mengapa Elisabeth bisa mendonasikan banyak ASI?

Elisabeth memiliki sindrom hiperlaktasi yang merupakan suatu kondisi di mana terjadi luapan ASI kerena produksi ASI meningkat.

"Tubuh saya menghasilkan banyak hormon yang disebut prolaktin dan itulah yang mendorong produksi ASI," ungkap Elisabeth.

Selain itu, menurut Elisabeth, peralatan yang digunakan untuk memompa juga menjadi faktor penting dalam proses pendonasiannya.

"Peralatan yang Anda gunakan sebagai ibu yang suka memompa benar-benar dapat membuat perbedaan dalam perjalanan menyusui Anda," tutur ibu yang disebut memiliki dua anak tersebut.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/17/073000165/ibu-ini-pecahkan-rekor-donasi-asi-terbanyak-hasilnya-untuk-ribuan-bayi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke