Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna dan Arti dari 5 Logo IKN Nusantara

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono.

"Pemilihan logo IKN diselenggarakan secara terbuka agar rakyat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur," ujar Bambang diutip Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Bambang menyampikan bahwa ada lima logo karya desainer finalis yang bisa dipilih masyarakat secara online melalui laman ikn.go.id/pilihlogonusantara.

Dilansir dari laman resmi IKN Nusantara, pemilihan 5 logo baru IKN ini akan berlangsung mulai 4 April hingga 20 Mei 2023.

Selain itu, masyarakat juga berkesempatan untuk memenangkan doorprize berupa 10 motor listrik dengan tanda tangan dari Presiden RI Joko Widodo.

Berikut makna dan arti dari tiap Logo IKN Nusantara beserta profil desainer pembuatnya:

Terinspirasi dari ragam hias pohon hayat, selaras dengan kosmologi dasar Ibu Kota Negara Nusantara.

  • Akar: Simbol hubungan kolaboratif manusia dengan alam (siluet Samudera dan Kepulauan).
  • Batang pohon: Menggambarkan hubungan harmonis antara sesama manusia (siluet manusia).
  • Dahan pohon: Representasi hubungan manusia dengan nilai-nilai luhur (siluet burung Garuda).

Sebagai kota modern, berkelanjutan dan simbol persatuan, identitas IKN Nusantara diwarnai dengan pilihan 9 warna kontemporer yang cerah.

Kombinasi warna utama adalah warna “Hijau” yang menggambarkan kekayaan alam Indonesia. Sementara warna “Emas” adalah simbol doa ibu pertiwi agar bangsa Indonesia senantiasa makmur damai sentosa.

Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Indonesia.

Simbol dasar yang tumbuh dari 5 akar ideologi bangsa (Pancasila), tumbuh mengalir menjadi 7 batang gugus pulau besar di Indonesia. Sebagaimana kita sebagai masyarakat maritim dengan wawasan Nusantaranya melihat laut dan alur sungai sebagai penghubung, yang lalu terhubung dalam satu lingkaran utuh yang menumbuhkan 17 kembang mekar sebagai simbolisasi kemerdekaan abadi.

Rancangan Nusantara ini disuarakan oleh font "IKN Sutasoma" yang terinspirasi oleh aksara Pallawa, salah satu aksara tertua di Asia Tenggara yang ditemukan di Kutai, Kalimantan.

Identitas visual IKN Nusantara, rancang bentuk universal namun mengakar, terbalut dalam bentuk yang merayakan kemerdekaan peradaban baru Indonesia.

Secara visual, logo ini mengambil bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia.

Berpusat pada simbol bintang yang merepresentasikan Pancasila sebagai pondasi utama membangun IKN Nusantara dan juga harapan agar kelak menjadi rumah bersama untuk saling bersinergi serta menjadi salah satu role model kota dunia.

Bersama-sama merayakan IKN Nusantara menjadi ruang milik seluruh warga Indonesia dan dunia dengan harapan terwujudnya harmoni dan sinergi demi transformasi dan kemajuan peradaban Indonesia. Nusantara, Harmony We Lived In.

Unit terkecil kampung adalah rumah, tempat bertumbuh dan diayomi.

Untuk masuk ke dalamnya, maka harus melalui ambang atau pintu dan dilindungi atap. Maka tanda utama identitas adalah ikon rumah, paduan ambang dan atap yang diserap huruf "N" di tengah nama Nusantara.

Ikon rumah diapit "Nusa" berarti kepulauan, dan "Tara" berarti "sama tingkatnya".

Ibu kota adalah pusat pengelola beragam "kampung" dalam pelayanan yang setara. Kombinasi warna identitas adalah hijau laut yang melambangkan kemaritiman, agraria, dan intelektualitas. Sedangkan warna kuning sawo melambangkan kreatifitas dan inovasi.

Elemen pola identitas adalah komposisi para "kampung" yang terhubung, tumbuh bersama, berkesinambungan, sehingga saling memperkuat sebuah perayaan sakralnya kebersamaan dan inovatifnya Tanah Air Indonesia.

Hidup dengan keluhuran budaya, tapi terbuka terhadap inovasi dunia. Memiliki banyak budaya daerah, tapi satu identitas bangsa.

Politik luar negeri non-blok, tapi aktif dalam perdamaian dunia. Mungkin Indonesia berbeda, tapi kebersamaan adalah kekuatan kita.

IKN Nusantara menjadi keseimbangan baru, ruang kebersamaan, semangat gerakan persatuan kita. Karena kita percaya pada kekuatan sinergi yang harmonis.

Sinergi yang menyatukan kita dari dalam dan melipatgandakan kekuatan terbaik kita. Membawa kita maju dan tumbuh inklusif di kepulauan yang dihubungkan lautan.

Logo ini merangkai masa lalu untuk masa depan yang kita tuju. Sejalan dengan ideologi, keluhuran budaya, dan semangat maju bersama di antara kita. Bersama, kita bersinergi dari Nusantara untuk Indonesia dan dunia.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/06/114700965/makna-dan-arti-dari-5-logo-ikn-nusantara-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke