Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral, Petugas Bekuk Terduga Pencuri Laptop di Stasiun Manggarai, KAI Commuter: Diserahkan ke Polda Metro Jaya

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria diduga pencuri laptop dan diamankan petugas di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, viral di media sosial.

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram ini pada Jumat (3/2/2023).

Tampak dalam video, terduga pencuri yang mengenakan jaket hitam dengan menggendong ransel hitam tengah dibekuk dua orang petugas keamanan.

"Petugas keamanan Stasiun KRL Manggarai mengamankan seorang terduga pencuri laptop," tulis pengunggah.

Menanggapi unggahan video tersebut, warganet pun memberikan komentar beragam.

Tak sedikit yang menyayangkan tindakan nekad terduga pelaku yang mencuri di tengah hiruk pikuk Stasiun Manggarai.

"udah tau warga manggarai serem2 ini segala nyuri wkwkwk," komentar salah satu warganet.

"Kok bisa laptop gede gt d maling," kata warganet lain.

"jgn2 elu komplotan yg nyuri hp laki gw di manggarai jg lagi.. ih kalo ngeliat udh di tangkep begitu ada kasian dikit tp elu jg jahat niat nyuri barang org lain," tulis warganet lain.

"Waduh.. Untung aja pelakunya cepet ketangkep. Terima kasih buat para petugas yang sigap membantu! Selalu hati-hati dan tetap waspada dengan sekitarmu ya, guys!" kata pengguna lain.

Adapun hingga Sabtu (4/2/2023) pagi, unggahan viral terduga pencuri laptop digiring petugas ini sudah disukai oleh lebih dari 109.000 pengguna dan mendapatkan lebih dari 3.145 komentar.

Lantas, bagaimana kronologi kejadiannya?

Kronologi penangkapan terduga pencuri

Saat dikonfirmasi, Manager External Relations & Corporate Image Care Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter, Leza Arlan, membenarkan peristiwa tersebut.

Menurut dia, peristiwa penangkapan terduga pencuri di Stasiun Manggarai oleh petugas terjadi pada Jumat (3/2/2023) pukul 09.15 WIB.

Lebih tepatnya, peristiwa pencurian laptop berlangsung di KA 4133 Bogor-Jakarta.

"Betul adanya," ujar Leza kepada Kompas.com, Sabtu (3/2/2023).

Leza menjelaskan, bermula dari seorang pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) yang meminta bantuan kepada petugas karena tasnya diambil terduga pelaku.

Petugas keamanan stasiun pun bergerak sigap membantu korban dan mengamankan pelaku yang mengenakan jaket dan masker hitam.

Setelah tertangkap, petugas menggiring terduga pelaku menuju pos keamanan stasiun untuk dimintai keterangan atas perbuatannya.

"Terduga pelaku mengakui perbuatannya dan selanjutnya diserahkan ke Polda Metro Jaya," ungkap Leza.

KAI Commuter imbau pengguna waspada

Berkenaan dengan kejadian tersebut, Leza pun mengimbau seluruh pengguna KRL untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap lingkungan sekitar.

"Jangan ragu untuk meminta pertolongan kepada petugas baik di dalam Commuterline ataupun di stasiun," kata dia.

Lebih lanjut Leza mengatakan, pengguna juga dapat melaporkan peristiwa serupa maupun peristiwa lain di KRL dan stasiun melalui kontak 021-121.

"Saat ini di stasiun juga telah dilengkapi kamera CCTV analytic yang dapat mengenali pelaku kejahatan melalui wajah yang sudah masuk dalam data base," tandasnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/04/113000665/video-viral-petugas-bekuk-terduga-pencuri-laptop-di-stasiun-manggarai-kai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke