Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Siapkan Fitur Baru Bikin Status Pakai Pesan Suara, Berikut Informasinya

KOMPAS.com - WhatsApp terus melakukan beragam inovasi melalui beragam pembaruan fitur pada aplikasinya.

Terbaru, aplikasi berbagi pesan ini tengah menguji fitur di mana pengguna nantinya bisa memperbarui status menggunakan pesan suara.

Diketahui, saat ini pengguna WhatsApp hanya bisa melakukan pembaruan status dalam bentuk tulisan, gambar dan video.

Jadi jika fitur pesan suara untuk status ini resmi dirilis, maka opsi untuk mengekspresikan diri lewat status semakin bertambah.

Tahap pengujian

Sebagaimana dikutip dari laman BusinessToday, fitur pesan suara yang muncul di status akan terlihat selama 24 jam oleh pengguna lain. Hal ini sama dengan yang berlaku pada fitur status yang selama ini ada.

Fitur voice note di status tersebut, saat ini tengah dalam tahap pengujian dan hanya bisa dijalankan pada aplikasi penguji beta, serta belum digulirkan secara resmi.

Dikutip dari laman IndiaToday, fitur pesan suara di status WhatsApp muncul dalam pembaruan beta Android 2.22.21.5, dan hanya pengguna yang memenuhi syarat yang sudah bisa mencoba fitur ini.

Fitur pesan suara tersebut sebenarnya telah dikerjakan sejak tahun lalu dan saat ini diharapkan segera bisa dinikmati secara stabil.

Sebuah sumber mengonfirmasi bahwa fitur pesan suara di status segera bisa dinikmati lebih banyak pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu mendatang.

Cara kerja

Ke depan, saat pengguna mengunggah pesan suara di status, maka pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat pembaruan status itu.

Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan suaranya terlebih dahulu, sehingga jika rekaman tidak sesuai yang diinginkan, rekaman bisa dibuang sebelum dipublikasikan.

Sejauh ini belum diketahui apakah proses play dan pause akan berjalan dengan sistem yang sama seperti saat melakukannya di obrolan biasa.

Serta belum jelas apakah nantinya ada fitur putar ulang untuk fitur status suara.

Fitur pesan suara pada status ini nantinya hanya bisa merekam suara selama 30 detik serta pengunggah juga diberi kesempatan untuk menghapus rekaman usai mengunggahnya.

Belakangan, WhatsApp juga telah mengeluarkan beragam pembaruan fitur pada aplikasinya.

Salah satunya adalah fitur proxy yang memungkinkan pengguna tetap bisa mengakses WA meskipun internet atau layanan diblokir pemerintah.

Dikutip dari laman Kompas.com (10/1/2023), saat layanan WhatsApp atau internet suatu wilayah diblokir maka pengguna bisa memakai WA lewat proxy server.

Akan tetapi, WhatsApp tak menyediakan server proxy sehingga pengguna harus memutar otak untuk mendapat koneksi sementara waktu untuk mencari proxy yang bisa dipakai di wilayahnya

Alternatif lain, pengguna harus mencari cara menjangkau kerabat yang masih tersambung dengan internet untuk dapat alamat proxy.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/21/171500565/whatsapp-siapkan-fitur-baru-bikin-status-pakai-pesan-suara-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke