Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Unggahan Foto Wisatawan Bromo Disebut Jatuh dari Motor dan Tewas, Ini Kata Pengelola

Foto itu diunggah oleh akun ini pada Senin (7/11/2022).

"Seorang wisatawan tewas terjatuh dari motor trail di lautan pasir Bromo," tulis pengunggah itu tepat di sisi atas foto yang diunggah.

Dalam unggahan tersebut, telihat satu orang tergeletak di atas tanah sementara beberapa orang berdiri di sekitarnya. Tak jauh dari tempat korban tergeletak, terdapat juga sebuah motor.

Hingga Selasa (8/11/2022), unggahan itu telah dikomentari hampir 300 warganet dan disukai oleh 15.772 pengguna akun Instagram.

Tanggapan pengelola TNBTS

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) Sarif Hidayat membenarkan adanya insiden kecelakaan yang viral di media sosial, Instagram itu.

"Informasi dari rekan-rekan di lapangan demikian," ungkapnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Sarif mengaku menyesali dan turut berduka atas peristiwa itu.

"Perlu disampaikan kembali bahwa wisata TNBTS termasuk wisata 'khusus' karena selain eksotika tapi kondisi yang relatif ekstrim," tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar wisatawa selalu waspada dan berhati-hati serta pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima.

Tak lupa, Sarif juga mengingatkan agar seluruh wisatawan menaati tata tertib dan prosedur keamanan yang sudah ditetapkan oleh pengelola.

"Tertib dan savety prosedure dalam berkendara sekaligus memahami dan atau menguasai medan yang ada juga menjadi penting juga," imbuh dia.

Dengan begitu, hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan bisa dihindari.

Adapun aturan tata tertib terkait dengan keamanan wisatawan TNBTS dapat diakses melalui situs Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (7/11/2022), Kepala Seksi Humas Polres Probolinggo, Ipda Sugeng Santoso mengidentifikasi wisawatan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang tewas di kawasan Lautan Pasir.

Korban adalah seorang remaja berinisial GASJ (18) asal Kecamatan Kedungkandan, Kota Malang.

Ramaja malang itu diduga terjatuh saat mengendarai sepeda motor di kawasan Lautan Pasir.

Saat itu, korban tengah mengendarai sepeda motor bersama temannya untuk menikmati wisata alam.

Tidak diketahui mengapa korban bisa terjatuh dari motor yang ditungganginya.

"(Korban) diduga jatuh dan kepalanya terbentur batu. Petugas kepolisian dan Puskesmas Sukapura sudah mendatangi TKP. Itu kecelakaan tunggal," kata Sugeng.

Nahas, ketika petugas datang ke lokasi, korban sudah meninggal dunia. Alhasil, korban dievakuasi ke Puskesmas tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Kepala Puskesmas Sukapura Kabupaten Probolinggo, Akhmad Munir mengatakan bahwa korban mengalami luka parah di bagian kepala.

"Akibat luka tersebut korban meninggal dunia di TKP," tandas Munir.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/08/150600565/viral-unggahan-foto-wisatawan-bromo-disebut-jatuh-dari-motor-dan-tewas-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke