Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati Berkendara Tanpa Pelat Nomor, Korlantas Polri Akan Terapkan "Face Recognition" Tilang ETLE

KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) akan menerapkan face recognition atau fitur pengenal wajah pada sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Dikutip dari akun resmi Instagram Divisi Humas Polri, @divisihumaspolri, fitur baru ini akan diterapkan guna mengatasi pengemudi yang tidak menggunakan pelat nomor saat berkendara.

Dengan fitur pengenalan wajah, maka data pengemudi akan masuk ke bidang manajemen penelitian khusus di ETLE nasional.

Penjelasan Korlantas Polri

Direktorat Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Pusinafis Bareskrim Polri dan Ditjen Dukcapil terkait fitur pengenal wajah ini.

"Untuk tanpa pelat, kita juga tetap bisa mendapatkan data pengendara dengan fitur pengenalan wajah (FR) dari inafis maupun Dukcapil," ujar Aan pada Kamis (3/11/2022).

Seputar pengendara lepas dan tekuk pelat nomor

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (3/11/2022), sejumlah pengendara motor di Kota Probolinggo, Jawa Timur melepas dan menekuk pelat nomor kendaraannya demi menghindari tilang ETLE.

Tindakan tersebut didapati oleh petugas kepolisian di jalanan.

"Setelah dicek, mereka beralasan pelat nomor copot, hilang. Seperti yang kami temukan kemarin di Jalan Panglima Sudirman," kata Kepala Satlantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022).

Oleh karena itu, polantas akan mencari pengendara yang bandel seperti itu dengan cara mengidentifikasi wajahnya.

Harapannya, dengan penerapan fitur deteksi wajah ini pengendara dapat tertib dan disiplin.

"Kami tetap melakukan tindakan preventif maupun premetif. Itu merupakan penegakan kita, jika dicopot (pelat nomor) kami cek fisik lalu cek di Samsat apakah terjadi blokir jual atau blokir, atau tindak pidana," ujar Roni.

Apabila ditemukan adanya blokir kehilangan, akan langsung diserahkan ke Satreskrim untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Hal ini kita bisa teruskan ke satuan kerja yang berkaitan dengan pencarian pribadi terkait," lanjut dia.

Dia menekankan, polisi akan melakukan operasi lalu lintas di lokasi-lokasi yang banyak dilintasi kendaraan berpelat nomor palsu.

Tapi jika bentuknya pelanggaran, maka akan dilakukan edukasi kepada pelanggar.

Seperti diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melarang kegiatan tilang manual.

Berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022, seluruh penindakan tilang harus dilakukan secara elektronik melalui kamera ETLE.

(Sumber: Kompas.com/Adhyasta Dirgantara | Editor: Bagus Santosa)

https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/04/110000965/hati-hati-berkendara-tanpa-pelat-nomor-korlantas-polri-akan-terapkan-face

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke