Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Template Surat Resign Profesional

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menginformasikan soal template surat resign atau pengunduran diri yang profesional.

Hal itu dibagikan Kemnaker melalui akun Instagram resminya, @kemnaker, Kamis (21/7/2022).

"Ketika ingin resign dari kantor kita harus membuat surat pengantar pengunduran diri," tulis keterangan akun @kemnaker.

Menurut Kemnaker, susunan surat resign profesional terdiri atas kalimat pembuka, tujuan, ucapan terima kasih, hingga kalimat penutup.

Untuk lebih jelasnya, berikut template surat resign profesional menurut Kemnaker:

Contoh surat resign profesional

Kepada Yth. (Nama atasan)
di tempat.

Melalui surat ini, saya (Nama) bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari (Perusahaan) sebagai (Pekerjaan). Hari terakhir saya bekerja adalah (tanggal). Karena adanya (alasan) sehingga harus memutuskan resign dari perusahaan tempat saya bekerja selama (masa kerja).

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pembelajaran yang diberikan selama saya bekerja. Saya telah mendapatkan banyak ilmu dan saya sangat menikmati masa-masa bekerja di perusahaan ini.

Kiranya jika ada yang perlu saya bantu dalam masa transisi sebelum saya berakhir bekerja, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya. Serta tetap menjaga koneksi yang ada, berikut kontak yang dapat dihubungi (nomor) atau (email).

Sekali lagi terima kasih dan semoga (Perusahaan) semakin maju di masa mendatang.

Menilik soal surat pengunduran diri

Diberitakan Kompas.com, 17 Mei 2022, surat resign atau surat pengunduran diri kerja merupakan surat resmi dari karyawan untuk perusahaan.

Karenanya, dalam memilih referensi atau contoh surat pengunduran diri kerja tidak boleh asal-asalan.

Selain itu, alasan lain mengapa seseorang harus memilih contoh surat pengunduran diri kerja yang baik adalah karena pengunduran diri merupakan hal yang sensitif.

Dengan membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar, Anda tidak meninggalkan kesan yang buruk atau bertindak tidak profesional pada perusahaan.

Seperti diketahui, surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang biasanya menjadi syarat administratif, untuk memberitahukan kepada atasan maupun HRD bahwa Anda ingin berhenti dari pekerjaan.

Beberapa perusahaan atau instansi memang ada yang menyediakan contoh surat pengunduran diri karyawan sebagai aturan baku.

Namun, tidak semua perusahaan atau instansi melakukan hal yang sama. Karena itu, karyawan perlu mencari contoh surat pengunduran diri kerja jika sudah mantap untuk resign atau mundur dari pekerjaan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/22/170500665/template-surat-resign-profesional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke