Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaji Pilot

KOMPAS.com - Menjadi seorang pilot merupakan salah satu profesi yang banyak dicita-citakan sebagian orang.

Untuk menjadi pilot, perlu kedisiplinan yang tinggi dan lulus sekolah penerbangan terlebih dahulu.

Salah satu sebab mengapa profesi ini banyak diminati masyarakat adalah karena gaji yang cukup tinggi.

Besar gaji pilot lokal saja bisa mencapai belasan hingga puluhan juta per bulan. Berbeda lagi dengan pilot asing.

Lantas, berapa gaji pilot?

Gaji pilot

Sebagaimana diberitakan Harian Kompas, 28 Juli 2011, manajemen Garuda Indonesia saat itu mengklaim bahwa gaji pilot lokal (take home pay) Rp 71 juta per bulan.

Sedangkan gaji pilot asing Rp 68,8 juta per bulan.

Sementara itu, pihak Asosiasi Pilot Garuda (APG) mengklaim seorang kapten pilot Indonesia mendapat gaji pokok Rp 33 juta per bulan, dengan total gaji sekitar Rp 43 juta.

Adapun seorang kapten pilot asing diberi gaji pokok 9.000 dollar AS (saat itu sekitar Rp 77,4 juta), dan bila ditambah akomodasi bisa 10.200 dollar AS (ketika itu sekitar Rp 87,7 juta).

Dikutip dari Kompas.com, 5 Desember 2021, gaji pilot di Indonesia per bulan berkisar antara Rp 30-50 juta. Nominal ini tidak jauh berbeda dengan gaji pilot perbulan di negara lain.

Contohnya di AS, gaji pilot domestik sekitar 1.500 dollar AS-3.750 dollar AS per bulan atau setara dengan Rp 22,2 juta-Rp 55,6 juta, hingga 20.000 dollar AS-40.00 dollar AS per tahun atau setara dengan Rp 296 juta- Rp 593 juta.

Angka tersebut berdasarkan situs resmi Eagle Air.

Tugas pilot

Dilansir dari gramedia.com, tugas pilot, di antaranya:

1. Menerbangkan pesawat

Keselamatan pesawat menjadi tanggung jawab seorang pilot karena yang mampu menerbangkan pesawat secara profesional dengan memperhatikan cuaca serta teknik penerbangan adalah tugasnya.

2. Menjaga keselamatan penumpang

Bukan hanya mahir dalam menerbangkan pesawat, seorang pilot juga diharuskan untuk bertanggung jawab dan menjamin semua penumpang yang menaiki pesawat dapat tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Tugas ini sebenarnya dikhususkan untuk para pilot komersial pilot yang bekerja pada maskapai penerbangan dan menerbangkan pesawat untuk dibayar.

Bukan hanya itu, pilot juga harus memastikan bawa penumpang bisa nyaman dalam perjalanan.

3. Menjaga kesehatan diri dengan baik

Hampir semua profesi yang bergerak di bidang jasa memiliki tanggung jawab terbesarnya adalah untuk para konsumen.

Namun, meskipun begitu seorang pilot juga tidak boleh melupakan kesehatan dirinya sendiri. Hal yang sudah menjadi tanggung jawab siapa pun termasuk pilot adalah menjaga kesehatan diri sendiri.

Hal ini dikarenakan ketika sedang bertugas kondisi badan dari pilot tersebut harus dalam keadaan yang fit, karena jika tidak dalam kondisi yang sehat bisa berpengaruh pada penerbangan dan juga keselamatan penumpang.

Mengerti betul kemampuannya serta batas-batas keahliannya sendiri, juga memahami batas-batas kemampuan pesawat yang diterbangkan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/27/110000765/gaji-pilot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke