Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Pangan Produk Rekayasa Genetik dan Cara Cek Keamanannya

Produk pangan ini adalah produk yang mengalami proses rekayasa genetik sehingga terbentuk produk baru yang memiliki banyak keunggulan.

Dalam laman Instagram resminya, BPOM menyebut bahwa rekayasa genetik pangan adalah suatu proses yang melibatkan pemindahan gen atau pembawa sifat dari suatu jenis hayati ke jenis hayati lain yang berbeda atau sama untuk mendapatkan jenis baru yang mampu menghasilkan produk baru yang jauh lebih unggul.

Bisa berupa bahan baku pangan seperti padi dan gandum, bahan tambahan pangan seperti tepung, bahan penolong seperti enzim, dan pangan olahan yang siap saji dan siap konsumsi.

BPOM menegaskan bahwa PRG yang sudah beredar di pasaran sudah pasti aman dikonsumsi karena sudah dikaji dan mendapatkan persetujuan keamanan pangan PRG dari BPOM.

Pengkajian keamanan pangan PRG dilakukan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian (precautionary approach) dan mengacu standar internasional.

Standar ini mencakup toksisitas, alergenisitas, kesepadanan komposisi pangan PRG dengan pangan non PRG dilihat dari kandungan gizi dan non gizi, serta informasi genetik. 

Cara mengecek keamanan PRG

Hingga saat ini ada 42 komoditas pangan PRG yang sudah mendapatkan persetujuan keamanan pangan PRG dari BPOM.

Komoditas itu berupa 21 komoditas jagung, 12 komoditas kedelai, 3 komoditas tebu, 1 komoditas kentang, 3 komoditas kanola, dan 2 komoditas bahan baku lain. 

Jika Anda mendapatkan label komoditas dengan keterangan PRG namun ragu dengan izin dan keamanan dari produk yang ada, Anda bisa mengeceknya dengan dua cara berikut ini:

1. Mengecek di Balai Kliring Keamanan Hayati

Cara pertama adalah mengeceknya di laman Balai Kliring Keamanan Hayati (BKKH) di http://indonesiabch.menlhk.go.id/.

Klik folder Produk Rekayasa Genetik dan buka folder Daftar PRG.

2. Mengecek di BPOM

Anda juga bisa mengecek keamanan dan izin edar PRG di subsite Direktorat Standardisasi Pangan Olahan Badan POM di standarpangan.pom.go.id. 

Di halaman Produk Rekayasa Genetik, pilihlah jenis komoditas yang tengah Anda cari.

Jika produk yang Anda maksud sudah terdaftar di situ, maka dijamin produk PRG tersebut aman dikonsumsi dan diperjualbelikan.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/02/163000865/mengenal-pangan-produk-rekayasa-genetik-dan-cara-cek-keamanannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke