Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika PPKM Darurat hingga Akhir Juli, IAKMI Khawatir Pandemi Tak Terkendali

KOMPAS.com - Kasus baru Covid-19 diprediksi akan terus mengalami kenaikan dalam jumlah yang besar.

Mengutip Kompas.com, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Herwawan Saputra mengungkap rekor kasus baru harian akan terus bertambah.

"Kalau ditanya apakah angka akan naik pada besok, lusa dan seterusnya, ini akan terus naik dan memecahkan rekor-rekor lagi," ujar Hermawan dalam diskusi daring pada Sabtu (17/7/2021).

Perhitungan tersebut berdasarkan pada jumlah kasus aktif Covid-19 yang sampai saat ini mencapai lebih dari 500.000 orang.

Ia juga merujuk pada kasus suspek Covid-19 yang melebihi 220.000 kasus.

"Dan masih terus terjadi antrean mungkin di seluruh RS di Pulau Jawa. Ini yang menunjukkan situasi kita saat ini," jelasnya.

Menurutnya kalau melihat angka-angka ini, maka PPKM darurat sama sekali belum mempengaruhi penurunan kasus.

"Kalau kita lihat angka-angka ini maka PPKM darurat sama sekali belum mempengaruhi penurunan kasus. Kalau kami lihat wajar dan memang pantas pemerintah harus perpanjang PPKM darurat," tegas Hermawan.

Dia mengungkapkan, beberapa pihak menyebutkan PPKM darurat telah efektif.

Namun, menurutnya hal itu baru dilihat dari variabel perilaku dan mobilitas. Misalnya, di DKI Jakarta bisa terjadi penurunan mobilitas hingga 30 sampai 40 persen.

"Tetapi itu bukan variabel epidemiologi. Variabel epidemiologi atau angka-angka statistiklah yang harus kita pahami sesuai kondisi yang ada," tambahnya.

Hermawan khawatir jika PPKM darurat ini diperpanjang hingga akhir juli 2021 tidak efektif untuk melandaikan kasus.

Bahkan pandemi berpotensi tidak bisa dikendalikan.

Hal ini merujuk kepada kondisi penularan Covid-19 di Jawa dan luar Jawa yang sama-sama mengalami lonjakan kasus.

"Bila sampai akhir juli atau dua pekan ke depan PPKM darurat tidak efektif secara kaitannya dengan hasil yang menurunkan atau melandaikan kasus Covid-19, maka kita tak lagi mampu mengendalikan," ujarnya.

"Ini tak hanya Pulau Jawa, tapi kita dalam ancaman seluruh indonesia. Sebab, seluruh daerah di luar pulau jawa sekarang rata-rata sekitar 60-70 persen sudah zona merah semuanya," lanjutnya.

Kondisi itu, kata dia, terjadi di Sumatera, Kalimantan, kawasan Nusa Tenggara dan Sulawesi.

Terlebih, persebaran varian delta virus corona saat ini sudah hampir merata ke seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah memutuskan akan memperpanjang masa pemberlakukan PPKM darurat hingga akhir Juli 2021.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat mengunjungi Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien COVID-19 di Yogyakarta, Jumat (16/7/2021).

"Tadi Rapat Kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo (Jateng) sudah diputuskan Bapak Presiden dilanjutkan sampai akhir Juli PPKM ini," kata Muhadjir seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (16/7/2021).

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/17/170400665/-jika-ppkm-darurat-hingga-akhir-juli-iakmi-khawatir-pandemi-tak-terkendali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke