Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat Menewaskan Anak Presiden AS

KOMPAS.com - Hari ini tepat 22 tahun lalu, John F. Kennedy Jr beserta istri dan saudara perempuannya meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat di Samudera Atlantik pada 16 Juli 1999.

Dikutip dari History, anak dari Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy Sr itu baru memiliki jam terbang pengemudikan pesawat sekitar 300 jam. 

Kennedy Jr lepas landas dari bandara Essex County, New Jersey dengan pesawat bermesin tunggalnya ke dalam malam yang berkabut. 

Untuk mencapai tujuannya di Martha's Vineyard, ia harus terbang sejauh 321 km, dengan fase akhir di atas lautan yang gelap dan berkabut.

Pilot yang tidak berpengalaman bisa kehilangan pandangan dalam kondisi seperti itu.


Selain itu, ia baru pulih dari patah pergelangan kaki, yang mungkin mempengaruhi kemampuannya untuk mengemudikan pesawatnya.

Di Martha's Vineyard, Kennedy akan menurunkan adik iparnya Lauren Bessette, salah satu dari dua penumpangnya.

Dari sana, Kennedy dan istrinya, Carolyn, akan terbang ke kompleks Kennedy di Pelabuhan Hyannis Cape Cod untuk pernikahan Rory Kennedy, anak bungsu dari mendiang Robert F Kennedy.

Kronologi kecelakaan

Sayangnya, pesawat yang dikemudikan Kennedy Jr tak pernah sampai ke Martha's Vineyard.

Data radar yang diperiksa kemudian menunjukkan pesawat jatuh dari 2.200 kaki ke 1.100 kaki dalam rentang 14 detik, tingkat yang jauh melampaui batas maksimum aman pesawat.

Pesawat Kennedy dilaporkan hilang oleh teman dan anggota keluarga. Operasi penyelamatan pun diluncurkan oleh penjaga pantai, angkatan laut, angkatan darat, dan warga sipil.

Setelah pencarian selama dua hari, ribuan orang yang terlibat putus asa untuk menemukan korban selamat dan mengalihkan upaya mereka untuk menemukan puing-puing pesawat dan tubuh korban.

Orang Amerika berduka atas kehilangan "putra mahkota" dari salah satu keluarga paling dikagumi di negara itu.

Kecelakaan ini menambah catatan panjang serangkaian tragedi tanpa henti yang telah menghantui keluarga Kennedy selama bertahun-tahun.


Jasad ditemukan

Pada 21 Juli, penyelam angkatan laut menemukan jasad Kennedy Jr, istri, dan adiknya dari reruntuhan pesawat yang berada di kedalaman 35 meter, sekitar 8 mil dari pantai Vineyard.

Penyelidik yang mempelajari puing-puing Piper Saratoga tidak menemukan masalah dengan sistem mekanis atau navigasinya.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/16/083156365/hari-ini-dalam-sejarah-kecelakaan-pesawat-menewaskan-anak-presiden-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke