Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rambu-rambu Mengonsumsi Sajian Lebaran

Di tengah-tengah silaturahmi, akan ada keriuhan hidangan Lebaran yang berjejer rapi mulai dari meja ruang tamu hingga meja ruang makan. 

Idul Fitri selalu sarat dengan berbagai kudapan khas. Untuk kudapan misalnya, ada aneka kue kering seperti kastengel juga nastar. Kemudian untuk sajian utama, ada satu set sajian yang minimal terdiri dari ketupat, opor dan sambal goreng.

Kemudian untuk minuman, akan hadir ragam racikan minuman dingin manis yang menyegarkan. Mulai dari es sirup hingga es buah.

Setelah sebulan berpuasa, aneka sajian ini memang sangat menggugah selera. Maka wajar jika banyak orang akan lupa diri akan pantangan-pantangan dalam pola makan, sehingga berakhir ke penyakit lama yang kambuh kembali.

Nah agar Anda tak melewatkan Lebaran di tempat tidur, kenali berbagai rambu-rambu mengonsumsi menu Lebaran ini.

Kenali berbagai macam menu Lebaran, efek samping, dan cara aman mengonsumsinya.

1. Kudapan manis

Menurut dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, SpGK, kebanyakan mengonsumsi kudapan serba manis membahayakan kesehatan tubuh anak-anak.

"Kudapan manis yang dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak bisa menimbulkan nyeri tenggorokan, nyeri telan juga batuk," ujarnya kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Kadar gula berlebih juga bisa menyebabkan efek jangan panjang, yaitu obesitas.

Agar Anda dan buah hati tak mengalami nyeri tenggorokan dan batuk selama Lebaran, perbanyaklah minum air mineral dan makan buah serta sayur, serta imbangi dengana aktivitas fisik yang cukup.

2. Sajian berlemak

Jadi menurut dokter yang berpraktik di RS Hermina Pandanaran Semarang tersebut, imbangi sajian bersantan dengan banyak minum air mineral dan banyak mengonsumsi buah dan sayur.

"Jaga juga jumlah konsumsi santan, maksimal 1/2 cangkir dalam sehari. Untuk lebih amannya, ganti santan dengan susu rendah lemak seperti susu almond dan susu kedelai. Pilih juga daging yang rendah lemak, seperti ayam tanpa kulit," ujar Prodi Gizi Klinis Undip Semarang ini.

3. Minuman dingin

Apalagi jika minuman dingin dengan es batu tersebut mengandung kadar gula tinggi karena tambahan sirup atau gula. Akan ada bahaya kesehatan lain yang muncul, seperti batuk dan radang tenggorokan.

"Sebaiknya batasi konsumsi gula agar tubuh tak terancam bahaya, seperti seminggu satu kali saja" pungkas Etisa.

Berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena sajian Lebaran bisa muncul. Waspadai jika tiba-tiba sesak napas, pusing terus-menerus, mata kabur, kesemutan, atau pingsan. Jika hal itu terjadi, sebaiknya segera berlari ke pusat medis terdekat. 

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/13/183000365/rambu-rambu-mengonsumsi-sajian-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke