Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menyimpan Cabai agar Tahan Lama

Karena dengan penyimpanan yang kurang tepat, cabai rawan membusuk dalam waktu cepat. Meski disimpan di dalam kulkas sekalipun, jika caranya salah cabai akan tetap mudah membusuk

Kondisi yang sering terjadi adalah cabai akan cepat mengering hingga akhirnya busuk. Hal ini terjadi jika cabai terpapar suhu dingin dalam kondisi terbuka tanpa wadah.

Cara simpan cabai segar  

Seperti diberitakan dalam Kompas.com, Sabtu (4/4/2020), untuk menyimpan cabai segar Anda bisa melakukan metode ini.

Pertama, jangan mencuci cabai sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Cukup lap cabai segar menggunakan tisu kering, kemudian masukkan ke dalam wadah. Cuci cabai ketika Anda ingin menggunakannya.

Cabai yang disimpan dalam kondisi basah akan lebih mudah membusuk daripada cabai yang disimpan dalam kondisi kering.

Kedua, sebaiknya cabut tangkai cabai sebelum Anda menyimpannya. Karena terkadang, bagian tangkai sudah mau membusuk dan bisa menulari bagian buah. 

Cermati dan pisahkan pula cabai yang masih ranum segar dengan cabai yang sudah ada tanda-tanda akan membusuk.

Ketiga, siapkan wadah yang bersih juga kering. Kemudian siapkan tisu dan lapisi bagian bawah dan samping wadah dengan tisu. Tisu di sini berfungsi untuk menyerap air dan memastikan cabai akan selalu kering.

Masukkan pula ke dalamnya satu siung bawang putih yang masih segar. Bawang putih bersifat anti bakteri sehingga akan mencegah cabai cepat membusuk.

Terakhir, tutup rapat wadah cabai dan simpanlah di bagian rak paling bawah. Jangan menyimpan cabai di freezer karena akan membuatnya cepat basah dan membusuk. 

Jika tisu mulai basah karena suhu kulkas, maka gantilah dengan tisu baru yang masih kering.

Cara simpan cabai olahan

Agar cabai awet, Anda juga bisa menyimpannya dalam bentuk olahan basah atau kering. Cabai olahan ini bisa langsung digunakan sebagai bumbu aneka sajian.

Berikut cara simpan cabai seperti yang dilansir dalam laman Theneffkitchen.

1. Cabai kering

Pilih cabai segar kemudian cuci bersih. Ambil loyang kemudian tata cabai di atasnya. Jangan menatanya bertumpuk agar kematangan bisa merata.

Kemudian panggang cabai di dalam oven dengan suhu minimum hingga kering. Setelah kering, dinginkan, baru masukkan ke dalam wadah bersih.

2. Cabai asin

Anda juga bisa membuat bumbu cabai yang bercitarasa asin. Nantinya cabai ini bisa buat campuran sayur yang membutuhkan citarasa pedas.

Caranya, siapkan bahan-bahan berupa 250 gr cabai segar dan 40 gr garam. Cuci cabai kemudian keringkan. Tumbuk cabai beserta bijinya dan campurkan dengan garam.

Simpan dalam wadah steril, tutup dan masukkan ke dalam kulkas.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/04/153000265/cara-menyimpan-cabai-agar-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke